Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2017, 11:35 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Mendekati hari pernikahan, tentu para calon pengantin akan merasakan stres dalam mempersiapkan segala keperluan pesta. Alhasil, pengantin, terutama pihak wanita, menjadi lebih sensitif daripada biasanya.

Untuk itu, Anda, para pria, pun harus tahu waktu yang tepat dan juga cara menghadapi pasangan.

Sri Juwita Kusumawardhani M.Psi., Psikolog, salah satu penulis buku Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan, menjelaskan beberapa triknya dalam peluncuran buku tersebut di Jakarta, Kamis (13/4/2017).

“Biasanya pasangan yang mau menikah hanya bertemu untuk urusan pesta pernikahan. Sebaiknya, untuk menghindari ketegangan yang ada, nikmatilah kebersamaan Anda dan dia,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Sri juga menyarankan agar para pasangan menghindari obrolan yang mengandung kritikan. Lebih baik lagi jika Anda bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama, misalnya seperti relaksasi atau memanjakan diri berdua untuk menghilangkan stres.

Dalam buku Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan, dituliskan pula beberapa tips yang dapat dilakukan pasangan kala menghadapi stres mempersiapkan pernikahan, di antaranya adalah:

  1. Tetap berada pada tim yang sama dengan pasangan ketika masalah terjadi dan tidak saling menyalahkan.
  2. Usahakan untuk selalu terbuka dalam menerima alternatif atau pendapat, baik dari pasangan maupun orang lain, dalam menyelesaikan masalah
  3. Memahami kebiasaan atau reaksi pasangan ketika stres
  4. Ketika Anda dan pasangan menghadapi masalah yang berat, cari hal-hal kecil yang tetap membuat kedekatan emosi Anda dengan pasangan erat. Contohnya adalah berpelukan atau membuatkan pasangan minuman hangat setelah menjalani hari yang panjang dan melelahkan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com