Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/06/2017, 10:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Susu bukan hanya minuman anak-anak atau sekadar penunjang nutrisi, tapi juga minuman untuk olahraga alami atau natural sport drink.

Dokter spesialis kesehatan olahraga, dr Rachmad Wishnu Hidayat SpKO mengungkapkan, susu mengandung karbohidrat, protein dan mineral yang dapat dicerna dan diserap, sehingga cocok diminum untuk pendukung olahraga.

"Susu bisa gantikan cairan tubuh dengan cepat dan risiko dehidrasi kecil," kata Wishnu saat buka bersama Greenfields di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (14/6/2017).

Waktu mengonsumsi susu yang terbaik adalah setelah berolahraga karena akan memberikan manfaat tambahan.

Menurut Wishnu, susu bukan hanya sekadar mengganti cairan, namun juga energi yang hilang serta vitamin dan protein. Ketika berolahraga tubuh akan menguras protein dan vitamin lebih. Oleh karena itu, susu memiliki manfaat besar agar tubuh tetap prima pasca olahraga.

"Bicara metabolisme olahraga, (di dalam susu) ada kandungan vitamin yang penting bagi metabolisme energi. Sementara the real sport drink (minuman olahraga buatan) tidak ada kandungan vitaminnya," ujar Wishnu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com