Hari Belanja Diskon untuk Dongkrak Tren Belanja - Kompas.com

Hari Belanja Diskon untuk Dongkrak Tren Belanja

Kahfi Dirga Cahya
Kompas.com - 17/07/2017, 20:21 WIB
Konferensi Pers Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) terkait acara Hari Belanja Diskon Indonesia (HBD Indonesia) di Kemendag, Senin (17/7/2017).KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Konferensi Pers Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) terkait acara Hari Belanja Diskon Indonesia (HBD Indonesia) di Kemendag, Senin (17/7/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa faktor yang menjadi penentu waktu tren belanja masyarakat Indonesia. Peningkatan belanja masyarakat biasanya terjadi menjelang Hari Raya Idul Fitri, libur anak sekolah dan akhir tahun.

Nah, bulan Agustus tahun 2017 sebenarnya tren belanja cenderung turun. Pasalnya, Idul Fitri sudah lewat dan liburan sekolah telah usai. Untuk memacu konsumsi belanja masyarakat di bulan yang diprediksi akan sepi tersebut, pusat-pusat perbelanjaan di Indonesia bakal menggelar Hari Belanja Diskon Indonesia (HBD Indonesia) pada 15-27 Agustus 2017.

"Pada bulan tersebut tren belanjan konsumen diperkirakan mengalami penurunan, khususnya setelah Hari Raya Idul Fitri dan periode back to school (kembali ke sekolah), kini tidak lagi demikian," kata Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) Budihardjo Iduansjah di Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017).

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita mengatakan kegiatan ini bertujuan mendongkrak daya beli masyarakat pasca Idul Fitri dan masa masuk sekolah.

Para industri retail, kata dia, menjajal tren baru ini dengan mengurangi sebagian besar keuntungan karena diskon besar dan mendekatkan diri pada pasar.

"Ini sejarah karena serentak di Indonesia, biasanya kan semalam di Jakarta saja, sehingga Jakarta sudah crowded tambah crowded lagi," ujar Enggartiasto.

Dia pun mendorong kegiatan ini untuk dipromosikan ke mancanegara agar wisatawan asing tertarik. Apalagi bulan Agustus dianggap sebagai waktu liburan musim panas wisatawan Mancanegara.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia Stefanus Ridwan berharap HBD Indonesia dapat menggairahkan tren belanja masyarakat Indonesia. "Kalau belanja ada perputaran uang di sana. Sehingga supaya perekonomian turut membaik," ujar Ridwan.

HBD Indonesia akan diselenggarakan di pusat-pusat perbelanjaan, mulai dari mal modern, ruko, hingga bandara dam stasiun kereta api.

Acara lainnya yang tak kalah menarik adalah festival belanja akbar bertajuk Happy Birthday Indonesia Festival yang dimeriahkan beragam hiburan di Gambir Expo, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

PenulisKahfi Dirga Cahya
EditorLusia Kus Anna
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM