Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2017, 20:25 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak-anak memiliki hak untuk bermain, juga berkreasi. Setidaknya itu yang dipegang oleh Bentara Budaya Jakarta (BBJ) dalam menggelar acara Aku Indonesia, pameran dan pekan kreativitas anak mulai dari 18 Juli - 23 Juli 2017.

Kepala BBJ, Ika W Burhan mengakatan Aku Indonesia diselenggarakan dalam rangka memperingati hari anak nasional setiap tanggal 23 Juli. Adapun misinya adalah untuk membuat anak-anak ceria serta gembira.

Mengingat tak bisa dilakukan sendiri, maka BBJ menggandeng komunitas yang memiliki visi untuk mengembangkan kreativitas anak. Beberapa komunitas seperti Kandank Jurank Doank, Namarina, Teater Keliling Sanggar Anak Bulungan, Sekolah Talenta, Ciliwung Merdeka, Bentara Muda dan beberapa komunitas lain meramaikan acara ini.

Setiap komunitas diberikan kesempatan untuk unjuk gigi. Misalnya pada hari Kamis (20/7/2017) ini, Namarina, institusi pendidikan non-formal yang bergerak di bidang seni tari ballet, jazz, dan fitness (kebugaran) mengadakan workshop soal menari. Kemudian diakhiri dengan pentas oleh para peserta workshop yang terdiri dari anak-anak.

Baca: 15 Pertanyaan yang Bisa Menggali Isi Hati Anak

Kemudian acara pada Jumat (21/7/2017) yakni pemutaran film Ambilkan Bulan hingga workshop art & craft bersama Kandank Jurank Doank sekaligus dialog tentang anak Indonesia dengan Dik Doank.

Acara pada Sabtu (22/7/2017) akan diisi oleh ragam pentas teater dan workshop foto bersama Darwis Triadi. Adapun di hari terakhir, Minggu (23/7/2017) akan diisi oleh lomba mewarnai dan menggambar hingga Lenong Bocah.

Selain aktivitas itu, juga ada pameran untuk menunjukkan hasil karya dari komunitas. Karya itu dalam bentuk ragam, mulai dari seni rupa hingga barang-barag yang dipercantik dengan sentuhan seni. Tentunya yang membuatnya adalah anak-anak.

"Bentara Budaya ingin mengajak mengingatkan kembali gimana sih menyenangkan dan melibatkan anak-anak dalam kegiatan yang ceria. Ingat, anak memiliki waktu khusus," kata Ika.

Baca: Bukan Mainan Mahal, Ini yang Dibutuhkan Anak dari Orangtuanya

Aktivitas Aku Indonesia sejatinya bisa diterapkan bagi para orangtua sebagai pola asuh. Di mana mencari kegiatan yang membahagiakan dan mudah untuk bisa membangkitkan kreativitas anak. "Menyenangkan dan mendidik anak-anak bisa dimulai dari rumah, kan," kata Ika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com