Jam Tangan Anda Juga Perlu Dibersihkan - Kompas.com

Jam Tangan Anda Juga Perlu Dibersihkan

Kahfi Dirga Cahya
Kompas.com - 21/07/2017, 16:28 WIB
Arloji, jam tanganGrosescu Alberto Mihai Arloji, jam tangan

KOMPAS.com - Anda ganti baju setiap hari. Beli sepatu sekali dalam setahun, atau bisa lebih sering. Tapi ada satu barang yang Anda selalu gunakan dan jarang dicuci. Ya, itu adalah jam tangan!

Apakah jam tangan Anda merupakan aksesoris untuk membantu penampilan, atau difungsikan sebagai alat pengukur kebugaran, akuilah bahwa Anda jarang membersihkannya. Mungkin Anda baru membersihkan setelah olahraga di tempat yang sangat kotor.

Memang, dalam hal perawatan, pria sering mengabaikan aksesoris dan perhiasan. Ada banyak orang yang tidak menyadari tali jam tangannya berbau tak sedap, atau baru menyadari banyak kotoran mengendap dan terselit di antara tali jam setelah mengamatinya.

Jadi, apa yang bisa dilakukan agar jam tangan tetap bersih dan tidak mengeluarkan bau? Baiknya Anda memperhatikan beberapa tips di bawah ini.

1. Perawatan dasar: mengelap tiap hari

Anda mandi sehari dua kali dan tentu biasa mencuci muka sebelum tidur. Nah, jam tangan Anda juga harusnya mendapat perlakuan mirip. Bayangkan, jam tangan itu Anda pakai sepanjang hari, dan terkena keringat, terciprat air dari toilet, dan terkena kotoran lain.

"Oleh karenanya, setelah dipakai sebaiknya Anda meluangkan beberapa menit untuk membersihkan jam tangan sebelum tidur," kata Julie Stewart, supervisor perbaikan produk untuk Victorinox Swiss Army.

Ilustrasi membersihkan jam tanganipopba Ilustrasi membersihkan jam tangan
"Dengan kain bersih yang lembut, bersihkan bagian dalam gelang dan bersihkan bagian belakang kepala jam tangan. Ini akan menghilangkan kelembaban dan minyak atau keringat yang menempel selama pemakaian," katanya.

Anda sebaiknya melakukan pembersihan itu secara teratur, tidak perlu menunggu sampai kotor dan berbau. Ingat, walau Anda tidak bekerja di bengel yang penuh oli atau dapur yang penuh lemak, namun jam tangan bisa saja kotor karena keringat dan kulit.

Baca: 8 Jam Tangan yang Terinspirasi Dunia Militer

2. Cuci dengan sabun bila perlu

Mungkin kita bingung bagaimana cara mencuci perhiasan atau aksesoris yang kita pakai. Pasalnya, apa yang cocok untuk perak, belum tentu cocok untuk emas. Namun jika menyangkut perhiasan pria, carilah cara yang mudah: sabun cuci piring.

Sabun ini dibuat agar bisa membersihkan minyak, selain juga rendah alkohol, jadi sangat cocok untuk jam tangan, baik yang logam, maupun yang bertali karet sintetis seperti fluoroelastomer.

Membersihkan jam dengan airEduardWeigand Membersihkan jam dengan air
Inilah prosesnya secara singkat:

1. Siapkan semangkuk air hangat dan air sabun dengan sedikit sabun antibakteri.

2. Celupkan tali jam tangan Anda ke air sabun selama 15-20 detik. "Peganglah kepala jam  untuk melindunginya dari air," kata Stewart.

3. Keluarkan, dan gosok perlahan dengan sikat gigi bersih dan lembab. Jangan lupa bagian celah-celahnya.

4. Bilas di dalam air hangat yang bersih

5. Keringkan dengan kain lembut.

"Anda juga bisa menggunakan pengering rambut pada setelan rendah atau tidak panas untuk mengeringkan jam tangan Anda," kata Stewart. Pastikan jam benar-benar kering sebelum dipakai lagi.

3. Beri perlakuan khusus pada bahan kulit

Proses mencuci di atas bisa diterapkan untuk hampir semua bahan. Tapi bahan kulit membutuhkan perawatan khusus. Bahan kulit menyerap kelembaban dan kemudian mengering kembali, dan ini menyebabkan bahan pecah dan rusak.

Kuncinya di sini adalah memastikan bahan kulit tetap bersih dan terjaga kelembabannya. Seperti kulit kita, bahan kulit bisa dilap menggunakan body lotion agar tetap awet.

Jika Anda memilih untuk menggunakan bahan kulit, pastikan bahwa ia tidak menyebabkan alergi atau masalah pada tangan Anda.

Baca: Hati-hati, Tali Kulit Jam Tangan Jangan Sering Kena Air

4. Bila ragu, serahkan ke ahlinya

Jika jam Anda memerlukan servis lain-seperti tune-up internal atau perbaikan goresan-Anda sebaiknya membiarkan ahlinya yang mengarapnya. Anda bisa meminta pembersihan dengan teknologi ultrasonik di pusat layanan resmi untuk Victorinox Swiss Army, Rolex, TAG Heuer, dan banyak merek lainnya. Alat itu serupa dengan yang digunakan untuk membersihkan kaca mata.

Jika Anda gemar mengenakan banyak perhiasan seperti Johnny Depp, Anda bisa membeli pembersih ultrasonik sendiri.

PenulisKahfi Dirga Cahya
EditorWisnubrata
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM