Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Pebalap yang Kehilangan Kaki Namun Tidak Menyerah

Kompas.com - 01/08/2017, 21:07 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Muhammad Fadli Imammudin atau Fadli adalah seorang pebalap motor Indonesia dengan berbagai prestasi yang gemilang. Tapi itu dulu, sebelum ia kehilangan kaki kirinya akibat kecelakaan saat mengikuti Asia Road Racing Championship 2015.

Tadinya Fadli berusaha untuk mempertahankan kaki kirinya selama 6 bulan setelah kecelakaan. Ia melewati berbagai operasi termasuk pencangkokan dari kaki kanannya agar kakinya pulih. Namun masih saja kaki itu tidak dapat digunakan berjalan normal akibat saraf dan tendon yang rusak.

Fadli pun kemudian memutuskan untuk mengamputasi kaki kirinya dan mengambil kesempatan baru dengan kaki palsu yang dapat membuat ia beraktivitas seperti semula.

Ketika Fadli memiliki seorang putra, tercetus keinginan agar dirinya bisa kembali berjalan sebelum anaknya dapat berjalan. Kegigihan itu rupanya menggugah Fitness First Indonesia untuk memberikan dukungan dalam bentuk kaki palsu khusus berlari agar Fadli tidak hanya bisa berjalan, namun juga berlari.

Kisah Fadli yang terus bersemangat untuk menjadi juara ini selaras dengan tema “Always A Champion” yang khusus diangkat untuk merayakan 12 tahun kehadiran Fitness First di Indonesia.

"Bagi Fitness First Indonesia, jatuh bangun adalah bagian dari proses untuk terus menjadi yang terdepan. Jatuh bangun dan berbagai tantangan kami rasakan untuk dapat sampai di posisi saat ini. Semangat ini juga sama seperti semangat Fadli," kata Marketing Manager Fitness First Indonesia, Julia Nurdin di Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Saat ini, Fadli berfokus menjadi para-athlete di dunia sepeda. Latihan yang rutin dilakukan di Sirkuit Sentul berhasil membawa Fadli menjadi perwakilan Indonesia dalam Para-Cycling Asia Championship 2017 di Bahrain pada Februari-Maret lalu dan mencapai posisi ke-4 dengan catatan waktu 24:01.

Fadli juga sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi perlombaan di SEA Games 2017 pada bulan September mendatang, Asian Games 2018, serta Paralympic Games Tokyo 2020.

Untuk itu Fitness First Indonesia dan Ottobock Healthcare Indonesia mengajak para member-nya juga masyarakat luas agar memberikan dukungan terhadap Fadli melalui pengumpulan donasi di berbagai acara yang akan dilaksanakan pada 4–6 Agustus 2017 di Lippo Mall Kemang serta aktivitas lainnya hingga 30 September 2017 di seluruh club Fitness First.

"Dalam kehidupan kita pasti akan menemukan berbagai tantangan. Kita dapat memilih untuk bangkit atau tetap dalam keterpurukan. Saya memilih untuk bangkit dan mengejar mimpi baru saya di dunia cycling. Bersama Fitness First Indonesia, saya berharap dapat mencapai yang lebih baik lagi dari sebelumnya untuk setiap perlombaan yang akan saya jalani," kata Fadli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com