Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/08/2017, 07:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Kebanyakan artikel soal pengembangan karier di internet lebih banyak menyodorkan saran untuk membuat bos terkesan, atau bagaimana agar ide Anda diterima bos. Namun, bagaimana jika Anda adalah seorang bos?

Menjadi pimpinan mungkin menjadi target banyak orang dalam bekerja. Namun, ketika harapan itu menjadi nyata, ternyata tak mudah mengemban tanggung jawab sebagai seorang atasan.

Berikut adalah tips penting untuk menjadi bos yang sukses.

1. Rekrut tim terbaik dan beri kepercayaan
Seorang karyawan akan bekerja dengan baik saat mereka merasa dipercaya dan diberdayakan. Karena itu, ciptakan lingkungan kerja yang mampu membuat tim merasa dihargai dan tidak terus-menerus direcoki.

"Selalu ada, beri dukungan, dan beri masukan. Tetapi pada akhirnya percayalah bahwa bawahan Anda yang pintar dan sudah Anda rekrut itu mampu melakukan pekerjaannya," kata Mandy Harris, seorang managing editor.

2. Jangan takut mengakui kesalahan
Atasan yang baik akan mendapat respek dari bawahannya, tetapi bukan berarti tanpa cacat cela. Untuk membangun rasa percaya dari anggota tim, jangan ragu mengakui saat Anda salah atau butuh opini kedua.

"Tim Anda akan lebih respek jika Anda jujur. Anda juga harus menerima bahwa dalam semua bidang pekerjaan, seorang manajer juga bisa melakukan kesalahan," kata Nancy, seorang editor eksekutif.

3. Kuasai pekerjaan
Anda juga akan mendapat kesetiaan dan respek jika mau menunjukkan kemauan untuk mendampingi tim. Bukan berarti Anda harus terlibat dalam setiap detil pekerjaan tim, tetapi bekerja berdampingan sehingga Anda punya wawasan jelas tentang tugas yang dihadapi tim dan hambatannya.

4. Beri masukan secara jujur
Seringkali kita merasa tidak enak untuk memberi masukan kepada tim karena khawatir menyebabkan rasa marah. Padahal, sebenarnya banyak karyawan lebih suka jika atasannya bersikap jujur memberi masukan jika memang ada yang perlu diperbaiki.

Kuncinya adalah memberi masukan yang membangun, berdasarkan fakta, dan disampaikan secara baik. Sebagai manajer, kita tak bisa menghindari pembicaraan yang sulit karena justru menghambat kemajuan tim.

5. Jadi pendengar yang baik dan beri solusi
Anda harus jadi pendengar yang baik, ini berarti mendengarkan secara utuh agar memahami masalahnya dan fokus pada solusi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber POP SUGAR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com