Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Bikin Kopi Tubruk Sederhana Ala "Kopi Johny"

Kompas.com - 19/02/2018, 12:35 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat kopi yang nikmatnya pas sebetulnya tak sulit. Tak perlu mengukur-ukur komposisi air sedemikian rumit untuk menghasilkan kopi tubruk yang sederhana, enak dan sesuai selera.

Pemilik Kopi Johny, Johny Poluan berbagi tipsnya. Pertama, biji kopi bisa digiling kasar jika akan melakukan penyaringan sebelum disajikan.

"Kalau mau tubruk, bikinnya halus saja. Kecuali mau saring, bisa dibikin kasar sedikit, tingkat kehalusannya," kata Johny kepada KOMPAS.com, Sabtu (17/2/2018).

Tak hanya untuk biji kopi, cara seduh ini juga berlaku untuk bubuk kopi jadi. Untuk menghasilkan kopi tubruk yang sempurna, penyeduhan harus dilakukan dengan air dalam posisi mendidih. Ini dilakukan agar kafein  keluar dari biji kopi saat terkena air panas.

Bagaimana soal komposisinya? Hal ini menurut Johny relatif. Sebab, setiap orang memiliki penilaian masing-masing terhadap rasa kopi yang kuat (strong).

Rasa, kata dia, adalah hal yang sangat subjektif. Saat membuat kopi, Johny menyarankan untuk membuat yang kuat terlebih dahulu. Setelah dicicipi kita bisa menambahkan sesuai selera jika ada yang kurang.

Misalnya jika terlalu kuat maka cukup ditambahkan air panas. Sementara jika terlalu manis maka bisa ditambahkan susu atau gula.

"Karena kalau sudah kemanisan repot untuk bikin tawarnya. Makanya kalau bikin kopi, bikin lah strong baru tambah apa yang kita senangi," tuturnya.

Kopi hitam yang disajikan di Kopi Johny, di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (17/2/2018) pagi. Kopi Johny belakangan banyak diperbincangkan setelah kerap disinggung oleh pengacara Hotman Paris di akun Instagramnya.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Kopi hitam yang disajikan di Kopi Johny, di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (17/2/2018) pagi. Kopi Johny belakangan banyak diperbincangkan setelah kerap disinggung oleh pengacara Hotman Paris di akun Instagramnya.

Johny juga memberi saran khusus kepada penikmat kopi saat ke kedai kopi tradisional. Kedai kopi tradisional biasanya menyediakan kopi secara manual atau custom. Sehingga pengunjung bisa mengatur rasa kopinya sendiri.

Berbeda dengan kedai kopi modern yang mayoritas sudah memiliki aturan pakem terhadap kopinya.

"Misal kopi susu, susunya pisah. Saya minta jangan manis, kopinya ekstra hot. Nanti saya yang atur takutnya kemanisan, kan tidak enak bolak-balik minta. Masalah bayar, masalah kedua. Saya mau minum sesuai selera," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com