Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Christian Sugiono, Menjadi Teman Bagi Anak

Kompas.com - 27/07/2018, 15:15 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor Christian Sugiono berbagi pola pengasuhan terhadap putra pertamanya, Arjuna Zayan Sugiono.

Menurutnya, di samping hadir sebagai orangtua, ia selalu berusaha menjadi teman bagi Arjuna.

"Bagaimana saya memposisikan diri sebagai teman ke anak saya. Itu enggak gampang, karena dari mainan saja beda. Saya suka mainan pesawat, dia mobil," kata Tian dalam talkshow bersama Lactogrow di Multivision Tower, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (27/7/2019).

Tak jarang pilihan yang berbeda membuat Tian dan Arjuna "bertengkar". Namun, dari situ ia melihat bahwa putranya memiliki teman beda pendapat di rumah. Hal itu menurutnya penting agar anak selalu terbiasa dengan pilihan yang berbeda.

"Bukan karena dia suka mobil, lalu saya kasih, selesai," kata dia.

Baca juga: Ajari Anak Keberagaman Sedini Mungkin

Hal itu juga diterapkannya saat menonton acara televisi. Tian mencontohkan ketika dalam sebuah acara terdapat sejumlah karakter. Tian selalu berusaha untuk terlibat dalam aktivitas putranya, meskipun tidak menyukai acara yang ditonton Arjuna.

"Misalnya ada karakter biru, merah, putih. Juna senang warna hijau karena apa. Selalu saya kebalikannya, misalnya merah," tutur Tian.

"Dari situ Juna ada teman diskusi. Untuk membuat dia meyakinkan kalau pilihan dia lebih baik. Meskipun saya juga enggak mau kalah," selorohnya.

Baca juga: 4 Cara Luangkan Waktu Bersama Anak di Tengah Kesibukan

Meski merasa Juna berkarakrer introvert mirip seperti dirinya, namun Tian selalu berusaha menstimulasi putranya dengan berbagai hal agar sang anak tak terlalu introvert.

Aktor film yang melambung namanya setelah berperan di film "Jomblo" itu juga menekankan, sebagai orangtua penting untuk selalu menunjukkan bahwa dirinya bahagia.

"Dari situ anak akan melihat bahwa hidup standarnya bahagia karena orangtuanya bahagia. Kalau kita terlalu banyak memerlihatkan hal yang negatif, dia akan melihat hidup itu negatif," ujarnya.

Baca juga: Ibu Bahagia Membesarkan Anak yang Bahagia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com