Kompas.com - 23/07/2018, 09:55 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kedekatan orangtua dengan anak sangatlah berarti. Selain untuk memantau perkembangan anak, mendekatkan diri dengan anak juga penting supaya si kecil bisa meneladan dan mengenal orangtuanya.

Kesibukan orangtua tidak boleh jadi alasan untuk mengabaikan pentingnya waktu berkualitas bersama si kecil. Karena itu, simak cara untuk menikmati waktu bersama anak berikut ini.

Dilansir dari Parents, agar kita bisa menghabiskan waktu bersama anak lebih baik, cobalah menerapkan parenting meditation. Metode ini mengharuskan kita untuk memusatkan perhatian penuh pada anak, mendengarkan, dan memahami mereka.

Ini berarti kita tidak boleh bermain handphone atau melakukan pekerjaan lain yang tidak ada kaitannya dengan anak selama bersama anak .

Berikut adalah macam-macam strategi yang bisa diterapkan agar kita bisa menikmati keintiman dengan anak di tengah padatnya kesibukan.

1. Manfaatkan waktu sebelum tidur

Waktu sebelum tidur bisa menjadi kesempatan emas untuk kita dan juga anak. Ada banyak yang bisa dilakukan bersama buah hati. Mulai dari menemani mereka membersihkan gigi, wajah, dan kaki di kamar mandi hingga mengantarkan mereka ke tempat tidur.

Kita juga bisa mengobrol sebentar bersama anak soal kejadian-kejadian berkesan di hari itu, membacakan dongeng, atau mengajaknya berdoa. Ingat, kuncinya adalah fokus pada anak, jangan malah memikirkan pekerjaan esok hari atau mau masak apa besok untuk sarapan.

Baca juga: Jangan Biarkan Jadwal Anak Terlalu Padat

2. Sempatkan makan malam bersama

Ilustrasi makan bersamamonkeybusinessimages Ilustrasi makan bersama
Pekerjaan memang bisa menyita waktu, bahkan sering membuat kita melewatkan waktu makan malam bersama. Walaupun terlihat seperti kegiatan biasa, makan malam bersama keluarga adalah hal yang istimewa, terutama bagi anak.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.