Jangan Biarkan Jadwal Anak Terlalu Padat

Kompas.com - 17/07/2018, 15:20 WIB
Ilustrasi anak bermain bola PixflyIlustrasi anak bermain bola
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak orangtua menginginkan anaknya serba bisa, punya banyak kemampuan, berprestasi, dan pandai bersosialisasi. Akibatnya, tak sedikit yang mendaftarkan anak-anaknya ke berbagai macam les, kursus, dan kegiatan.

Mulai dari kegiatan tambahan di sekolah seperti ekstrakulikuler, hingga kegiatan di luar sekolah.

Namun, orangtua perlu berhati-hati. Jangan biarkan kegiatan anak terlalu padat, sehingga masa kanan-kanaknya terenggut. Termasuk hilangnya waktu kebersamaannya dengan keluarga.

"Anak-anak yang memiliki jadwal kegiatan terlalu padat akan tak punya waktu menjadi anak-anak, dan keluarga mereka tak memiliki waktu pula untuk menjadi keluarganya," kata dokter anak Deb Lonzer, MD, seperti dilansir dari Cleveland Clinic.

Anak-anak dengan jadwal sangat padat seringkali lalai menjaga pola makan dan tidurnya, bahkan tak memiliki cukup waktu untuk berteman.

Hal ini akan memicu depresi, kecemasan dan hambatan bagi anak dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan.

Baca juga: Tempat Terbaik Untuk Anak Tumbuh, Di Mana Posisi Indonesia?

Realistis

Ilustrasi keluarga bahagiaDragonImages Ilustrasi keluarga bahagia
Bagi para orangtua, cobalah memikirkan berapa lama waktu luang yang bisa digunakan untuk bersama dengan anak.

Jika waktu yang tersedia hanya beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan sekali karena jadwal anak padat, tandanya ada kegiatan anak yang perlu disesuaikan.

Dr. Lonzer meyakini, aktivitas anak tak perlu dibuat padat setiap hari. Ia menyarankan orangtua agar membebaskan anak memilih tiga kegiatan favoritnya untuk dijalankan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X