Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua yang Rutin Berolahraga Pengaruhi Kecerdasan Anak

Kompas.com - 23/05/2018, 13:13 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber DMarge

KOMPAS.com - Untuk membuat keturunan pintar tidak lah mudah. Namun satu hal yang perlu diketahui, garis keturunan dipengaruhi rutinitas pendahulunya, termasuk sang bapak.

Dan anggapan itu tampak betul adanya.

Dikutip dari laman Dmarge, menurut studi terbaru, aktivitas olahraga mengubah otak dan sperma hewan jantan, yang nantinya memengaruhi otak dan kemampuan berpikir anak-anak mereka.

Percobaan ini dilakukan pada sekelompok tikus jantan yang identik secara genetik, di mana semuanya jarang bergerak. 

Kemudian, setelah mereka mencapai usia dewasa, setengah dari mereka ditempatkan di kandang yang dilengkapi dengan roda berjalan dan permainan yang dirancang untuk merangsang tubuh dan otak mereka.

Setelah itu, 10 minggu kemudian, para ilmuwan melihat ke dalam otak mereka dan menemukan, tikus yang banyak bergerak mengembangkan koneksi saraf lebih kuat, dan memiliki kemampuan lebih baik dalam tes kognitif daripada tikus yang tetap jarang bergerak.

Baca juga: Olahraga, Cara Mudah dan Murah Hidup Lebih Bahagia

Temuan menarik lainnya, keturunan kelompok tikus aktif juga belajar lebih cepat dan memiliki ingatan yang lebih baik daripada tikus dengan orang tua yang tidak aktif, meskipun mereka semua tumbuh di lingkungan yang sama.

Meskipun penelitian ini baru menguji coba pada tikus, tapi tak ada salahnya memulai olahraga agar garis keturunan kita lebih maju dari segi kemampuan otak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DMarge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com