Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memadukan Sneakers dengan Boots, Bagaimana Hasilnya?

Kompas.com - 09/09/2018, 14:54 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pegiat kreatif Indonesia setiap hari kian bertambah. Jika sebelumnya muncul seniman custom sneakers, lalu topeng yang terbuat dari sneakers, kini hadir pegiat kreatif yang memadukan sneakers dengan boots.

Jika di Jepang ada Shun Hirose di bawah label Recouture, di Indonesia ada Aditya Rahman, pemilik Instagram @aditandthebandits, yang mulai serius menggarap industri kreatif ini sejak awal tahun 2018. 

Adit memulai proses kreatif ini karena sepatunya rusak. Saat itu, sole boots kesayangan miliknya, Red Wing, habis dan perlu diganti. 

Adit yang memang suka dengan hal-hal baru pun tertarik mengganti sendiri. Ketika kali pertama mencoba dan berhasil, dalam benaknya langsung terlintas untuk membuat sesuatu yang baru—menggabungkan boots dengan sneakers.

Karena tak memiliki bekal ilmu cukup, ia memulai riset ke beberapa negara di Asia untuk mendapat pengetahuan soal custom, sneakers hingga sol sepatu terbaik.

Setelah dirasa cukup, ia memulai dengan sol boots Vibram dan dipadukan dengan sneakers Converse untuk bagian atas. Tak itu saja, di beberapa bagian Adit juga memadukan dengan kulit sapi dan bahan dari tas branded seperti MCM.

“Saat pertama kali bikin dan publish langsung pada suka. Enggak nyangka juga,” kata Adit kepada Kompas.com, di acara Custom Collaboration, Kemang, Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Custom sneakers dan boots dari Adit and The BanditsKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Custom sneakers dan boots dari Adit and The Bandits

Pemilihan Vibram dilakukan karena sol boots tersebut dianggap paling mumpuni dan kuat. Sementara Converse merupakan representasi pemberontakan, yang dalam dunia sneakers pun mendapat predikat rebel.

Nah, Adit menggabungkan kekuatan pada boots dengan rebel pada Converse, sehingga menjadi custom gagah, namun tetap mengusung gaya streetwear.

Sejak memulai awal tahun ini, Adit sudah membuat 50 pasang sepatu dan dikirim ke beberapa negara seperti Amerika Serikat, Belanda, Jerman, Jepang, Malaysia dan Singapura. Di Indonesia pun pasar Adit cukup luas.

“Mereka pada suka karena desain dan keunikan sepatu custom ini. Setelah mereka beli pun rata-rata bilang bahwa barang aslinya lebih keren dari bayangan,” ujar Adit.

Harga sepatu custom yang dikerjakan 7-10 hari ini tergolong menengah karena dibanderol Rp 2,5 juta untuk pembeli lokal dan 300 dollar AS untuk pembeli mancanegara. Jika bahan sneakers dari pembeli, Adit mematok harga Rp 1,5 juta.

Custom sneakers dan boots dari Adit and The BanditsKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Custom sneakers dan boots dari Adit and The Bandits

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com