Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2018, 18:27 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini kita sering diberi tahu kalau salah satu penyebab jerawat adalah kulit berminyak. Namun, di luar kondisi tersebut, kulit kering pun bisa berefek timbulnya jerawat.

Menurut dr Dewi Hasanah SpKK, risiko jerawat pada kulit kering bukanlah hal yang mustahil. Saat kulit kering, kadar air tubuh menjadi sedikit. 

"Kondisi seperti itu (memaksa) tubuh menghasilkan minyak lebih untuk melumasi kulit yang memiliki kadar air sedikit," ujar Dewi saat acara Wardah, Jakarta, Minggu (7/10/2018).

Hasilnya, lanjut Dewi, akan muncul komedo, yang merupakan cikal bakal dari jerawat. Belum lagi kulit kering mudah iritasi dan radang. 

Ditambah dengan kemunculan komedo, kemudian akan menjadi radang, dan berujung jerawat.

"Itu lah kenapa orang dengan kulit kering pun bisa berjerawat," katanya.

"Intinya, penyebab jerawat kan ada produksi minyak berlebih. Minyaknya enggak bisa keluar karena ada sumbatan sel kulit mati kita yang menumpuk. Lalu kedua hal tersbeut jadi komedo, yang kemudian menjadi jerawat kalau ada peradangan."

Dewi melanjutkan, jika menemukan kondisi tersebut, langkah yang tepat adalah dengan direhidrasi.

Minum air putih yang cukup, kemudian kenakan pelembap. Fungsinya agar kulit kembali terhidrasi, lalu produksi minyak tidak akan berlebih. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com