Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plaza Indonesia Fashion Week 2019 Angkat Isu Perempuan

Kompas.com - 08/03/2019, 07:14 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) 2019, yang akan berlangsung pada 18 - 24 Maret 2019 mengambil tema khusus soal perempuan.

Tema ini sekaligus memperingati Hari Perempuan Sedunia yang jatuh pada 8 Maret, serta perayaan 29 tahun Plaza Indonesia.

Senior Manager Event & Promotions, and Creative Services Plaza Indonesia Ria Juwita mengungkapkan, acara lima hari tersebut akan diisi 18 peragaan busana. 

Pada tiga hari pertama akan diisi sejumlah merek yang ada di Plaza Indonesia, plus beberapa desainer.

Kemudian dua hari terakhir, PIFW akan menampilkan curated show yang mengangkat tema The Future is FemaleLine up untuk dua hari terakhir ini dari sejumlah desainer, satu di antaranya adalah Rama Dauhan.

"Kenapa The Future is Female, karena perempuan diciptakan untuk menjaga keseimbangan alam. Karena perempuan memiliki kareakter kuat. Perempuan tak di rumah tangga juga di karir," kata Rita.
 
 
Saat konferensi pers pada Rabu (6/3/2019), Rama mengungkapkan koleksinya diberi nama Intuisi dan terinspirasi dari sosok perempuan. 

"Selama ini, kita melihat perempuan harus punya ragam wajah, mulai dari jadi ibu, bisa masak, tetap keren dan kelihatan kuat. Padahal enggak harus seperti itu," kata Rama.

Dia pun mengapresiasi perempuan yang bisa bertahan dari banyak peran tersebut. "Kenapa perempuan bisa bertahan, karena mereka punya intuisi yang kuat," ujar Rama yang menyebut hal itu inspirasi koleksinya.

Ada pun beberapa brand lain yang juga ikut serta pada peragaan busana mencoba untuk menampilkan koleksi sesuai DNA yang dimiliki.

Peragaan busana tersebut mulai dari Yayasan Jantung dengan Wilsen Willim, Aigner, AVA Prologue X Hakim Satriyo, Alieira Batik X Michael Ong, Patrick Owen.

Kemudian ada BCBGMAXAZRIA, Lumine, Harlan + Holden, Esmod, Parang Kencana, Ciel, Jolly, Ease, Sebastian Red, Marks & Spencer.

Terakhir, yakni Love & Flair, Asia Newgen Fashion Awards (ANFA), Rama Dauhan, Auguste Soesastro, Sean Sheila, Major Minor, Tangan Official dan Toton. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com