Kompas.com - 12/05/2020, 16:07 WIB
Agung Dwi E,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tidak ada yang memperkirakan bahwa Ramadhan tahun ini bakal dijalani dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Keberadaan Covid-19 membuat seluruh aktivitas Ramadhan di luar rumah ditiadakan demi menekan penyebaran penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2.

Jani Anindya (25) merupakan salah satu yang merasakan efek pandemi Covid-19 terhadap beragam aktivitas yang telah ia rencanakan pada Ramadhan tahun ini. Aktivitas seperti berbuka puasa bersama maupun ngabuburit di luar rumah pun harus dibatalkan.

Meski demikian, Jani tidak lantas menyerah begitu saja. Ia masih bisa melakukan beragam aktivitas Ramadhan, sekalipun dari rumah saja.

“Memang tidak menyenangkan menjalani Ramadhan dengan situasi seperti ini. Namun, kita masih bisa beradaptasi kok. Dengan teknologi yang ada sekarang, banyak kegiatan seru bisa dilakukan selama Ramadhan di rumah,” ungkap Jani.

Baca juga: Cerita Ramadhan Orang Indonesia di Islandia, Suasana Ramadhan Lebih Sepi tapi Ramai saat Lebaran

Jani tidak sendirian. Jutaan lebih penduduk Indonesia mengalihkan kegiatan Ramadhan ke dunia virtual. Mulai dari mengaji, tausiah, hingga berdonasi secara virtual.

Selain kegiatan keagamaan, kegiatan ngabuburit ternyata juga bisa dilakukan di dalam rumah. Keseruan ngabuburit #dirumahaja pun tidak kalah dengan ngabuburit di luar rumah.

“Banyak kok kegiatan asyik yang bisa dilakukan buat ngabuburit. Kalau aku, belajar gitar di kelas online, yoga ramai-ramai via Zoom atau Hangouts, bahkan belajar memasak menu baru. Menyenangkan dan tahu-tahu sudah azan Magrib saja,” imbuh Jani.

Anda pun bisa melakukan beragam kegiatan asyik selama ngabuburit di rumah seperti Jani. Berikut ini Kompas.com rangkum beragam aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Menyiapkan menu berbuka

Ilustrasi memasak.Shutterstock. Ilustrasi memasak.

Ketimbang jajan untuk berbuka puasa, lebih baik menyiapkan sendiri menu berbuka puasa. Selain lebih hemat, Anda pun bisa memilih sendiri kombinasi menu yang cocok.

Nutrisi dan kebersihan makanan pun terjamin karena Anda sendiri yang memilih bahan makanan tersebut. Manfaat lainnya, kegiatan memasak ternyata dapat memberikan perasaan senang, dan bahagia.

Baca juga: Ngabuburit Virtual Keliling Bogor, Ada Masjid Hingga Gunung Gede

Menurut Michael Kocet, profesor dari Education Department di The Chicago School of Professional Psychology, dengan memasak, Anda pun diberikan kesempatan untuk berkreasi, mulai menentukan resep, hingga cara mengolah makanan.

Saat makanan yang dimasak sudah jadi, Anda akan merasa bahagia. Sebab, Anda merasa berhasil “menyelesaikan tujuan”. Perasaan ini berdampak positif bagi diri Anda.

Berkebun

Ilustrasi berkebun.Shutterstock. Ilustrasi berkebun.

Berkebun dapat menjadi ide bagus untuk mengisi waktu menunggu berbuka. Saat ini, berkebun juga tidak perlu membutuhkan halaman rumah yang luas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com