Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/06/2020, 11:58 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Pinkvilla

KOMPAS.com - Meditasi adalah praktik kesadaran untuk menemukan kedamaian dalam diri seseorang. Ketika bermeditasi, kita menjadi lebih sadar akan pikiran kita saat ini dan melepaskan kecemasan.

Latihan meditasi sebetulnya bisa dilakukan bahkan tanpa persiapan khusus. Misalnya, berlatih meditasi sambil duduk, bahkan untuk pemula aktivitas jalan kaki bisa dimanfaatkan untuk latihan meditasi.

Meditasi dengan jalan kaki memiliki sejumlah manfaat kesehatan, antara lain membuat pikiran terasa lebih seimbang dan tenang.

Praktik ini memungkinkan kita untuk lebih menyadari lingkungan sekitar dan terhubung dengan batin kita.

Jalan kaki santai dengan meditasi tentu berbeda. Selama meditasi berlangsung, cobalah untuk berjalan dalam pola lingkaran dan bolak-balik dalam garis lurus.

Kecepatan jalan harus lambat dan dapat bervariasi pada teknik tertentu. Beberapa contoh meditasi jalan di antaranya kinhin, theravada atau vipassana.

Baca juga: Aplikasi yang Mempermudah Meditasi

Namun pada intinya, gagasan utamanya adalah lebih fokus pada gerakan kaki daripada pada napas. Sambil berjalan, cobalah lebih memperhatikan perasaan, pikiran dan suasana hatimu.

Sebelum mencoba melakukan meditasi berjalan, kamu juga perlu mengetahui sejumlah manfaat kesehatan yang bisa didapatkan, seperti dilansir dari Times of India.

1. Memperlancar aliran darah, terutama ke kaki. Ini bermanfaat bagi orang-orang yang aktivitasnya banyak duduk dalam waktu lama.

2. Berjalan setelah makan secara umum membantu memperlancar pencernaan. Manfaatnya akan berlipat ganda jika disertai meditasi.

3. Mengurangi stres dan membantu mengelola kecemasan.

Baca juga: Riset Buktikan Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Jantung

4. Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan di Science Direct mengungkapkan bahwa meditasi dengan berjalan memiliki efek positif pada orang-orang yang menderita diabetes melitus.

5. Membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi gejala depresi serta membantu menjaga tekanan darah tetap stabil dan tubuh tetap bugar.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

6. Berjalan di alam untuk meningkatkan kesejahteraan dapat membantu kita menyeimbangkan emosi. Melakukan meditasi dengan berjalan selama 15 menit secara teratur dianggap sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya.

7. Berjalan secara teratur dapat membantu memperbaiki kualitas tidur serta mengurangi stres, kecemasan dan ketegangan otot.

8. Membantu meningkatkan perhatian, kreativitas dan keterampilan memecahkan masalah, serta

9. Membantu menciptakan keseimbangan dengan membuat diri kita lebih sadar dan membantu diri kita mampu berkoordinasi dengan lingkungan secara lebih baik.

Baca juga: Kebanyakan Main Gadget, Waktu Santai Milenial Makin Berkurang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com