Kompas.com - 09/10/2019, 10:02 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Generasi milenial ternyata hanya memiliki waktu bersantai sangat sedikit, sekitar 7 jam dalam seminggu. Ini karena mayoritas waktu mereka dihabiskan untuk gadget.

Kesibukan antara rumah dan pekerjaan membuat rata-rata milenial hanya punya waktu kurang dari 60 menit setiap hari untuk diri sendiri.

Demikian menurut survei terhadap 2000 orang di Inggris berusia 18-34 tahun. Sekitar 6 dari 10 reseponden mengatakan mereka tidak pernah benar-benar rileks, karena selalu mengecek ponsel untuk melihat email dan pesan.

Bukan hanya itu, mayoritas juga mengakui bahwa mereka tak bisa bertahan lebih dari 10 menit tanpa memeriksa gadgetnya.

Sekitar 9 dari 10 oran juga mengatakan selalu membuka ponsel, walau mereka tahu tidak ada pesan yang masuk, hanya untuk melihat layar.

Selain sulit untuk rileks, para responden tersebut juga hanya punya waktu sekitar 90 menit untuk merasa beristirahat sepenuhnya.

Kehidupan modern yang penuh tekanan itu juga membuat berada dalam situasi yang rileks adalah hal yang sulit dilakukan, meski tidak ada pekerjaan yang dilakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebanyak 46 persen mengatakan mereka berharap ponsel pintar tidak pernah ditemukan, sehingga bisa lebih mudah "berhenti".

Sulitnya mencari waktu rileks lebih dirasakan oleh mereka yang sudah memiliki anak. Punya pasangan juga membuat milenial sulit mencari waktu untuk diri sendiri.

Baca juga: Cara Agar Tetap Tenang dan Santai di Tengah Kesibukan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.