Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kita Sering Mendengarnya, Apa Kepanjangan dari AM dan PM dalam Jam?

Kompas.com - 05/09/2021, 14:59 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam penggunaan Bahasa Inggris, kita sering menggunakan istilah AM dan PM untuk memberikan kejelasan dan keterangan waktu. Tetapi tahukah kamu apa artinya?

Banyak kata dan ekspresi bahasa Inggris yang digunakan sehari-hari ternyata berasal dari bahasa Latin, dan ini berlaku untuk beberapa contoh singkatan dan akronim bahasa Inggris.

"Lb," misalnya, singkatan yang tampaknya aneh untuk "pounds", berasal dari frasa Latin "Libra pondo."

"No" sebagai singkatan untuk kata "angka", jelas-jelas berasal dari bahasa Latin "numero," sedangkan tahun Masehi disebut AD atau Anno Domini atau Tahun Tuhan.

Dan, jika kita pernah bertanya-tanya, “Apa kepanjangan dari AM dan PM?”, tentu singkatan umum ini juga berasal dari bahasa Latin.

Apa kepanjangan dari AM dan PM?

Di Amerika Serikat dan beberapa negara berbahasa Inggris lainnya, kita selalu menggunakan singkatan ini. Namun, banyak orang tidak dapat menjawab dengan benar pertanyaan “Apa kepanjangan dari AM dan PM?”

Nah, jika kita salah satu dari orang-orang itu, jangan bertanya-tanya lagi.

AM adalah singkatan dari "ante meridiem". Ungkapan Latin "ante meridiem" berarti "sebelum tengah hari." Itu sebabnya, dalam sistem 12 jam, semua waktu dari tengah malam dan seterusnya menggunakan sebutan ini.

Sedangkan PM adalah singkatan dari "post meridiem," yang berarti "setelah tengah hari", dan dengan demikian berlaku untuk waktu mulai dari tengah hari dan seterusnya.

Kata Latin "post" juga identik dengan kata "setelah".

Negara-negara berbahasa Inggris telah menggunakan singkatan "AM" dan "PM" sejak abad ke-17. 

Baca juga: Tahukah Kamu Apa Kepanjangan dari Wi-Fi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com