Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2021, 20:41 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Eksim atau dermatitis atopik memang merupakan salah satu masalah kulit yang mengganggu. Ruam atau sisik kemerahan yang dihasilkannya terasa sangat gatal, membuat kita gemas ingin menggaruknya.

Belum lagi, lukanya sangat tak sedap dipandang mata, membuat kita berusaha sekuat tenaga untuk mencari obat yang bisa menanganinya.

Nah, sebelum menggunakan obat kimia, mungkin kita bisa mencoba menggunakan obat alternatif non medis (home remedies) yang disarankan oleh dokter kulit John Anthony, MD, berikut ini.

Oatmeal koloid

Oatmeal yang biasa ditemukan dalam berbagai bath soap dan body lotion ini dapat membantu menenangkan peradangan pada eksim.

Pemutih

Meski terdengar aneh, menambahkan pemutih ke dalam air mandi dapat membantu. Pasalnya, pemutih dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi pada eksim.

Jadi, campurkan 1/2 cangkir pemutih biasa ke dalam bak mandi. Namun untuk memandikan bayi, tambahkan satu sendok teh pemutih per galon air dan pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba metode ini.

Baca juga: Apakah Eksim Menular? Begini Penjelasan Dokter Kulit

Cuka apel

Meski belum cukup banyak data yang membuktikan bahwa cuka apel bisa membangu mengurangi eksim, cuka apel memang memiliki zat anti bakteri.

Minyak kelapa

Tak hanya baik untuk kulit dan gigi, minyak kelapa juga baik untuk kulit yang rentan mengalami eksim karena zat anti bakteri di dalamnya.

Jika ingin mencobanya, pilihlah minyak kelapa murni tanpa tambahan lain di dalamnya.

Petroleum jelly

Petroleum jelly tidak memiliki bau menyengat, melembabkan dengan baik dan biasanya tidak menyebabkan alergi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com