Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Houseplant Penambah Mood yang Bisa Memperindah Ruangan

Kompas.com - 27/02/2022, 13:54 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tak hanya membuat ruangan terasa lebih cerah, houseplant atau tanaman hias dalam rumah dapat meningkatkan mood.

Selain mood, sebuah penelitian pada 2015 silam pun menunjukkan bahwa hadirnya houseplant dapat mengurangi stres, baik secara psikologi maupun fisik.

Jadi, jika mencari houseplant untuk memberi sentuhan warna terang di rumah sekaligus meningkatkan mood, cobalah untuk merawat satu dari 10 houseplant berikut ini.

Begonia rex

Ilustrasi tanaman hias Rex Begonia.PIXABAY/JAN HAERER Ilustrasi tanaman hias Rex Begonia.
Ada banyak varietas begonia rex. Semuanya memiliki corak warna yang cantik. Mulai dari ungu, merah, cokelat, gradasi hijau dan pink, sampai hitam, sehingga cocok ditempatkan di ruang yang terang.

Daunnya berbentuk oval dengan tepian bergerigi dan permukaan berbulu. Tanaman ini menyukai tempat teduh. Walaupun begitu, ia tergolong mudah dirawat.

Baca juga: 20 Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh dalam Kondisi Minim Cahaya

Pothos

Tanaman golden pothoshousplant Tanaman golden pothos
Pothos atau sirih gading adalah salah satu tanaman hias yang paling mudah untuk tumbuh dan benar-benar sempurna untuk membuat ruangan lebih terang.

Dengan pilihan daun penuh warna dan tumbuh secara vertikal, pothos menjadi tanaman yang cocok untuk ruangan dengan cahaya terang dan tidak langsung.

"Ini sangat efektif diletakkan di ruang tamu, ruang kerja, atau ruang lain di mana Anda dapat membiarkannya tumbuh secara vertikal, sehingga daunnya menjadi lebih besar dan lebih menonjol seiring waktu," kata Hancock.

Alocasia

Ilustrasi tanaman hias dari keluarga Alocasia, Alocasia longiloba sedang banyak digandrungi. Selain memiliki corak unik pada daunnya, ternyata tanaman ini juga memiliki manfaat sebagai obat luka.SHUTTERSTOCK/nokwalai Ilustrasi tanaman hias dari keluarga Alocasia, Alocasia longiloba sedang banyak digandrungi. Selain memiliki corak unik pada daunnya, ternyata tanaman ini juga memiliki manfaat sebagai obat luka.

Dengan daun berwarna hijau pekat dan layer berwarna peraknya, tentu alocasia sangat sempurna untuk menambah koleksi barumu.

Tanaman ini memiliki berbagai varietas dalam bentuk dan warna mencolok yang bisa dipilih untuk menghias sudut-sudut ruang.

Baca juga: 10 Jenis Alocasia yang Siap Mempercantik Rumahmu

Philodendron black cardinal

Ilustrasi tanaman hias Philodendron black cardinal. SHUTTERSTOCK/NLIN.NEE Ilustrasi tanaman hias Philodendron black cardinal.
Philodendron black cardinal memiliki daun dalam balutan warna gelap yang indah dan mudah tumbuh hampir di mana saja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com