Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Makan Kurma Bisa Bikin Gendut? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 21/10/2022, 10:50 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meskipun kurma bukanlah makanan rendah kalori, namun kurma ternyata dapat menjadi bagian dari diet rendah kalori tanpa menyebabkan kenaikan berat badan selama kita memakannya dalam jumlah sedang.

Kurma sendiri menyediakan serat, magnesium, potasium, tembaga, mangan dan vitamin B-6, yang menjadikannya makanan bergizi untuk memuaskan hasrat makan manis daripada kue atau permen.

Dilansir dari laman Live Strong, berikut adalah beberapa kandungan di dalam kurma yang perlu kita perhatikan saat ingin menurunkan berat badan.

• Kandungan kalori kurma

Kurma medjool yang lebih besar masing-masing mengandung 66 kalori dan satu porsi yang berisi empat kurma ini memiliki 277 kalori.

Ingatlah untuk tetap memerhatikan ukuran porsi, karena kalori dalam buah-buahan ini cukup tinggi.

Buah kering secara umum cenderung lebih tinggi kalori daripada buah segar, itulah sebabnya Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan untuk menambahkan lebih banyak buah kering ke dalam diet jika kita sedang mencoba menambah berat badan.

Baca juga: Fakta Seputar Kurma Medjool, Baik untuk Jantung dan Pencernaan

• Kandungan serat

Serat memperlambat pengosongan perut, yang membantu kita merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, menurut ulasan yang diterbitkan pada bulan Maret 2005 dalam jurnal Nutrition, serat juga dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi jumlah kalori yang didapatkan dari karbohidrat, lemak dan protein.

Pada akhirnya ini dapat membantu kita menurunkan berat badan.

Setiap kurma medjool menyediakan 1,6 gram serat, atau 6 persen dari nilai harian (DV), dan jika kita makan empat kurma ini, maka kita akan mendapatkan 6,7 gram serat atau 27 persen dari DV.

Pengganti makanan manis yang lebih sehat

Makan kurma sebagai pengganti makanan lain yang lebih tinggi kalori dan lebih rendah nutrisi adalah cara terbaik untuk memasukkannya ke dalam diet sehat.

Makan empat buah kurma adalah cara yang lebih baik untuk memuaskan rasa manis tanpa melebihi anggaran kalori harian daripada makan kue atau pai.

Sepotong kue dengan frosting cokelat memiliki kalori hampir dua kali lebih banyak dari empat kurma, yakni 537 kalori dan sepotong pai apel juga jauh lebih tinggi kalorinya dengan sekitar 411 kalori.

Di samping itu, kurma memiliki kepadatan energi 2,75 kalori per gram, yang termasuk dalam kategori sedang yang juga mencakup makanan seperti roti gandum, telur rebus, dan keju mozzarella setengah skim.

Makanan yang rendah kepadatan energinya, termasuk buah-buahan dan sayuran segar, adalah yang terbaik untuk menurunkan berat badan, terutama jika kita mengonsumsinya sebelum makanan yang kepadatan energinya lebih tinggi.

Makanan rendah kalori membantu kita kenyang karena makan lebih sedikit kalori, dan makanan yang paling menggemukkan adalah makanan yang tinggi kepadatan energinya seperti daging asap, mentega, biskuit, dan kerupuk.

Baca juga: 4 Manfaat Kurma untuk Sakit Lambung dan Waktu Terbaik Konsumsinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com