Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2023, 11:12 WIB
Dinno Baskoro,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat berpuasa, ada saja gangguan kesehatan yang mungkin dapat dialami sebagian orang, salah satunya sakit tenggorokan.

Sakit tenggorokan merupakan sensasi tidak nyaman, nyeri, kering hingga gatal di area tenggorokan. Kondisi ini paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.

Pada saat kita berpuasa, risiko mengalami sakit tenggorokan akan lebih tinggi ketika kebersihan mulut dan gigi tidak dijaga dengan baik.

"Penyebab sakit tenggorokan ada rumusnya. Bakteri, sisa makan dan waktu, yang akhirnya memicu luka di tenggorokan atau kerusakan gigi," kata dr. Gia Pratama saat ditemui Kompas.com di acara Betadine, di Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Beda Sakit Tenggorokan dengan Radang Tenggorokan 

Kebiasaan membersihkan mulut selama berpuasa, kata dokter Gia, penting untuk diperhatikan dengan baik agar sisa makanan di dalam mulut tidak berpotensi berubah menjadi sarang bakteri.

Pasalnya, kontaminasi bakteri dan virus akan semakin mudah menyerang apabila tubuh kita sedang kekurangan cairan, misalnya saat kita berpuasa.

Ilustrasi berkumur atau gargleShutterstocks Ilustrasi berkumur atau gargle

"Sisa makanan di mulut itu jadi energi buat bakteri berkembang biak. Agar tidak sakit tenggorokan, ya jangan ada bakteri di dalam mulut," lanjutnya.

Demi mencegah sakit tenggorokan, dokter Gia menyarankan agar kita tetap menjaga kebersihan mulut selama berpuasa dengan rutin menggosok gigi setelah sahur dan berbuka puasa.

Baca juga: Cara Redakan Sakit Tenggorokan Pakai Madu 

Gosok gigi pun idealnya dilakukan dengan tidak terburu. Minimal membersihkan gigi secara menyeluruh selama dua menit. 

Setelah itu jangan lupa untuk membiasakan berkumur untuk menjangkau sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi agar tidak berpotensi menjadi sarang bakteri.

"Mencegah sakit tenggorokan saat puasa intinya adalah rajin berkumur dan bersihkan gigi setelah makan," pungkas dokter Gia.

Baca juga: 10 Penyebab Sakit Tenggorokan, dari Infeksi hingga Laringitis 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com