Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Berlian, Birthstone bagi Mereka yang Lahir di Bulan April

Kompas.com - 03/04/2023, 10:47 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber USA Today

KOMPAS.com - Saat ini, ada berbagai simbol yang melambangkan bulan kelahiran seseorang, termasuk bagi mereka yang lahir di bulan April.

Mereka yang lahir di bulan April ini bernaung di bawah zodiak Aries (jika lahir antara 1 April hingga 19 April) atau Taurus (jika lahir antara 19 hingga 30 April).

Selain itu, bunga daisy dan sweet pea atau kacang manis juga bisa menjadi simbol bagi mereka yang lahir di bulan keempat dalam kalender masehi ini.

Namun tentu saja belum lengkap jika membicarakan simbol bulan kelahiran tanpa membicarakan birthstone atau batu kelahiran.

Ya, setiap bulan memang memiliki batu permata tertentu yang merepresentasikan mereka yang lahir di bulan tersebut.

Baca juga: 12 Perhiasan dengan Birthstone Sesuai Bulan Kelahiran

Lantas, batu permata mana yang menjadi birthstone bagi mereka yang lahir di bulan Apeil?

Dikutip dari USA Today, birthstone bagi mereka yang ahir di bulan April adalah berlian, yang identik dengan warna bening atau putih, meski sebenarnya ada berlian dengan warna hitam, biru, hijau, pink, merah, ungu, oranye, atau kuning.

Berlian juga dikenal sebagai batu permata yang sangat kuat, tercermin dari namanya yang berasal dari kata "adamas" dalam bahasa Yunani, yang dapat diartikan dengan "sangat kuat" atau "tidak bisa dihancurkan."

Birthstone bagi mereka yang lahir di bulan April ini dapat ditemukan di berbagai tempat. Menurut Geological Institute of America, perdagangan berlian sudah dimulai sejak abad ke-empat.

Catatan juga menyebutkan bahwa berlian awalnya ditemukan dari sungai-sungai di India dan dicari-cari oleh orang-orang kaya pada saat itu.

Baca juga: 12 Birthstone yang Cocok dengan Bulan Kelahiran, Kamu yang Mana?

Intan atau berlian sebenarnya adalah mineral yang secara kimia merupakan bentuk kristal, atau alotrop, dari karbon.

Intan terkenal karena memiliki sifat-sifat fisika yang istimewa, terutama faktor kekerasannya yang bisa mencapai skala kekerasan Mohs tingkat tertinggi (10) dan kemampuannya mendispersikan cahaya.

Karena keindahannya, batu permata ini pun mulai menyambangi Eropa pada tahun 1400-an, membuatnya makin melambangkan status elit.

Bahkan pada tahun 1668, Raja Prancis Louis XIV membeli berlian berwarna yang disebut "Hope" dari tambang di India.

Lebih lanjut, berlian juga kerap dijadikan simbol kekuatan dan kejernihan. Bahkan menurut sebuah puisi yang ditemukan di abad kedua, berlian juga dipercaya dapat menangkal kejahatan.

Selain itu, berlian yang juga diyakini sebagai lambang dari kekuatan, kecantikan, kebahagiaan, dan umur panjang ini juga biasa dijadikan sebagai simbol ulang tahun pernikahan yang ke-65 atau 75 tahun.

Baca juga: 7 Batu Permata Termahal di Dunia, Berlian Putih hingga Zamrud

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com