Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2023, 06:42 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi bila anjing senang memulung dan memakan makanan apapun yang ditemukannya.

Sayangnya, meski banyak makanan manusia yang aman untuk dimakan oleh anjing, beberapa makanan seperti kafein, cokelat, adonan roti mentah, bawang, pemanis, hingga anggur bisa mambahayakan nyawa teman berbulu kita.

“Seringkali, saat seekor anjing sakit setelah mengonsumsi makanan beracun, gejalanya akan tumpang tindih dengan beberapa kemungkinan penyakit lainnya, ”kata dokter hewan dan asisten profesor darurat klinis dan perawatan kritis di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Pennsylvania, Sage De Rosa, DVM.

Ia menambahkan, hal itu akan membuat diagnosis menjadi sulit, sehingga dokter hewan harus bergantung pada pemilik anjing untuk memberikan informasi mengenai potensi paparan toksin sebelum membuat diagnosa.

Kepala dokter hewan di Petco, Whitney Miller, DVM, MBA, DACVPM pun mengimbau agar kita segera membawa anjing ke dokter jika mulai terjadi gejala keracunan makanan, seperti muntah, menurunnya nafsu makan, lethargy, napas tidak teratur, atau terlihat kesakitan.

Baca juga: 7 Asupan yang Bisa Berakibat Fatal bagi Anjing, Ada Buah Anggur

Makanan yang berbahaya untuk anjing

Untuk mengetahui lebih jelas tentang makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh anjing, simak paparan yang dikutip dari Martha Stewart, berikut ini.

Cokelat

Dua senyawa methylxanthine yang ditemukan dalam cokelat, theobromine dan kafein, dapat memengaruhi saluran pencernaan, sistem saraf pusat, dan jantung anjing, yang menyebabkan muntah dan diare, kejang, detak jantung yang tidak normal, dan tremor otot.

"Dark chocolate lebih beracun daripada cokelat susu atau cokelat putih, meskipun semua cokelat tetap harus dihindari, kata Dr. Miller.

Jadi jika tahu (atau mencurigai) anjing menelannya, segera temui dokter hewan.

"Bergantung pada jenis, jumlah, dan seberapa banyak cokelat yang dicerna, muntah dapat diinduksi. Pemantauan dan perawatan di rumah sakit mungkin akan direkomendasikan, tergantung pada tingkat keparahan dan dosis yang tertelan," kata Dr. De Rosa.

Kafein

Bukan hanya dalam kopi, kafein biasa pun sama bahayanya bagi anjing.

"Batasi akses anjing ke bubuk kopi, minuman berenergi, obat-obatan, atau barang lain di rumah yang mengandung kafein," kata Dr. Miller, yang mencantumkan pernapasan cepat, gelisah, detak jantung tidak normal, suhu tubuh tinggi, dan tremor otot sebagai tanda anjing telah menelan kafein.

Bawang butih, bawang bombai, dan kucai

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com