Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2023, 10:51 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Rutinitas penggunaan skincare idealnya terdiri dari pembersih wajah, serum, pelembab, dan juga tabir surya. Ada alasan penting mengapa serum tak boleh kita lewatkan, selain tentunya tabir surya.

Serum adalah produk perawatan kulit yang bisa membantu kita mendapatkan target spesifik atau mengatasi masalah kulit tertentu. Sebab konsentrasi zat aktif dalam serum lebih tinggi dibandingkan dengan produk pelembab.

Ada beragam produk serum di pasaran dengan berbagai klaim manfaatnya. Sebagai konsumen kita harus cerdas mencari informasi manfaat dari sebuah zat aktif untuk mengatasi masalah kulit tertentu.

Sebagai contoh, serum yang berfungsi menghidrasi kulit pada umumnya mengandung hyaluronic acid, serum dengan kandungan glikolic acid untuk mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit mati, atau retinol untuk menyamarkan garis kerutan di kulit.

Baca juga: Cara Memakai Serum Wajah agar Hasilnya Maksimal

Dijelaskan oleh dokter Kardiana Dewi Sp.KK, yang tidak kalah penting adalah mengetahui berapa kandungan zat aktif yang tepat agar hasilnya efektif.

Ia memberi contoh zat aktif Niacinamide. Kadar yang tepat adalah tak lebih dari 5 persen.

"Niacinamide ini bisa mengurangi flek hitam bekas jerawat serta mengurangi produksi minyak di kulit. Zat ini juga bisa mengaktifkan kolagen. Asalkan sesuai kadarnya, yaitu secara teori bisa dipakai dengan ambang tak lebih dari lima persen," paparnya dalam acara peluncuran produk Kiehls Ultra Pure High-Potency Serum di Jakarta beberapa waktu lalu.

Jika kita menggunakan serum dengan kadar niacinamide lebih dari 5 persen bisa menyebabkan purging (muncul jerawat kecil-kecil).

Sementara itu, produk serum dengan kadar yang terlalu sedikit juga membuat kerjanya kurang efektif atau bahkan tak sesuai dengan target yang kita inginkan.

Baca juga: Mengapa Kita Perlu Menggunakan Serum Wajah Setiap Hari?

Serum terbaru dari Kiehl's dengan kandungan Glycolic acid Ultra Pure High Potency Serum 9,8 %, Niacinamide Ultra Pure High Potency Serum 5 %, dan Hyluronic acid Ultra Pure High Potency Serum 1,5 %.
Instagram/Kiehls Serum terbaru dari Kiehl's dengan kandungan Glycolic acid Ultra Pure High Potency Serum 9,8 %, Niacinamide Ultra Pure High Potency Serum 5 %, dan Hyluronic acid Ultra Pure High Potency Serum 1,5 %.

Kandungan spesifik

Untuk mendapatkan kadar zat aktif yang efektif produk dengan kandungan spesifik merupakan pilihan. Pada umumnya serum seperti ini memiliki formula yang bersih alias hanya menggunakan sedikit kandungan, dengan kandungan utama zat aktif tertentu.

Merek skincare asal Amerika Serikat, Kiehl's memperkenalkan tiga serum terbarunya yang memiliki kandungan spesifik.

Ketiga serum tersebut adalah Glycolic acid Ultra Pure High Potency Serum 9,8 %, Niacinamide Ultra Pure High Potency Serum 5 %, dan Hyluronic acid Ultra Pure High Potency Serum 1,5 %.

Baca juga: Kampanye Kiehls untuk Kembalikan Hutan kepada Orangutan

Kiehl’s Global Scientific Director, Dr. Nancy Ilaya, PhD?dalam keterangannya mengatakan, ketiga serum ini memiliki kandungan bahan aktif yang murni dengan formulasi sederhana tanpa banyak tambahan agar hasilnya optimal.

"Formula serum juga ringan dan dapat menyerap dengan cepat, serta dapat digunakan dengan baik oleh semua jenis kulit dan dapat digunakan dalam rutinitas perawatan kulit apa pun dengan baik," katanya.

Ultra Pure High-Potency serum dapat digunakan bersamaan dengan rangkaian skincare. Serum dengan kandungan hyaluronic acid atau niacinamide kami?dapat digunakan dipagi dan malam hari, sedangkan serum dengan glycolic acid baik digunakan pada malam hari saja.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com