Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
CIRCULAR ECONOMY

Terjamin BPA Free, Galon Le Minerale Aman untuk Anak, Ibu Hamil, dan Keluarga

Kompas.com - 15/06/2023, 12:30 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produsen air mineral dalam kemasan (AMDK) Le Minerale berkomitmen menghadirkan air minum sehat, aman, serta higienis untuk keluarga di Tanah Air guna mewujudkan gaya hidup masyarakat yang lebih baik.

Untuk itu, Le Minerale berinovasi dengan menghadirkan kemasan galon bebas dari bahan kimia berbahaya, seperti Bisphenol A (BPA).

Head of Public Relations and Digital Le Minerale Yuna Eka Kristina mengatakan, galon Le Minerale yang berkode segitiga nomor satu dibuat menggunakan plastik berbahan polyethylene terephthalate (PET).

Proses produksi galon tersebut, lanjut Yuna, tidak menggunakan BPA sebagai komposisi atau bahan kemasan air mineral.

Baca juga: Le Minerale Kembali Terpilih sebagai Sponsor Resmi Air Mineral Indonesia Open

“Le Minerale menjadi salah satu dari sejumlah produk AMDK kemasan galon yang menggunakan kemasan BPA Free. Sementara, di pasaran masih terdapat galon kemasan menggunakan bahan berbahaya tersebut,” ujar Yuna dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (13/6/2023).

Sebagai informasi, sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa kontaminasi BPA di dalam tubuh manusia dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Dampak yang timbul dapat dialami setiap kalangan, tidak hanya orang tua, tetapi juga anak-anak. Bahkan, paparan BPA bisa berdampak pada janin yang dikandung ibu hamil.

BPA yang terdapat pada wadah dapat meresap pada makanan atau minuman. Ketika masuk ke tubuh melalui konsumsi makanan dan minuman itu, BPA dapat mengganggu hormon endokrin.

Baca juga: Bahaya BPA dalam Kemasan Plastik Bisa Picu Kanker

“Alhasil, keseimbangan produksi, fungsi sekresi, transportasi, kerja, serta pembuangan hormon alami yang terdapat pada tubuh bisa rusak,” kata Yuna.

Komitmen jaga kesehatan anak

Masalah kesehatan pada bayi dan anak-anak juga dapat terjadi karena kontaminasi BPA yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk diketahui, BPA dapat masuk ke dalam tubuh bayi melalui susu atau minuman lain yang terkontaminasi zat ini karena dikemas dengan wadah yang mengandung BPA.

Oleh karena itu, orangtua penting menghindari risiko paparan BPA terhadap anak dan bayi.

Yuna menjelaskan, orangtua mungkin sudah mendapatkan penjelasan terkait bahaya paparan BPA dari dokter ataupun tenaga kesehatan. Imbauan untuk memastikan seluruh alat makan dan minum si kecil bebas dari bahan BPA juga mungkin sudah diberikan.

Baca juga: Riset: Paparan BPA pada Plastik Bisa Sebabkan Autis

Namun, upaya tersebut tak cukup untuk meminimalkan risiko paparan BPA. Menurut Yuna, upaya yang tak kalah penting adalah pemilihan air minum yang dikonsumsi.

Bagi masyarakat yang selama ini telah menggunakan air kemasan galon untuk kebutuhan seluruh anggota keluarga di rumah, Yuna menyarankan untuk mulai beralih menggunakan galon air mineral dengan label kemasan BPA Free.

“Kami berkomitmen untuk memastikan seluruh konsumen tetap sehat, terutama anak-anak agar terhindar dari BPA. Produk Le Minerale kemasan galon PET menjadi solusi untuk kemasan air minum dengan klasifikasi BPA Free. Galon Le Minerale BPA Free menjamin keamanan untuk seluruh keluarga, termasuk anak dan bayi,” kata Yuna.

Seperti diketahui, keamanan dan kehigienisan produk Le Minerale terjaga berkat kemasan bening dan selalu baru.

Baca juga: Tren Gaya Hidup Sehat Meningkat, Galon AMDK BPA Free Semakin Dilirik

Tutup galon Le Minerale dibuat kedap udara guna menjaga kemurnian kandungan mineral di dalamnya. Selain itu, tutup galon juga dijamin antirembes serta aman dari virus, debu, dan kotoran.

“Dengan begitu, Le Minerale dapat menjadi galon pilihan keluarga yang terjamin aman, higienis, dan sehat,” ujar Yuna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com