Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Feng Shui untuk Tingkatkan Kreativitas dalam Segala Hal

Kompas.com - 19/06/2023, 14:07 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Feng shui dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas dengan menciptakan lingkungan yang mendukung aliran energi positif.

Cara menerapkannya pun cukup sederhana, karena kita disarankan tidak membiarkan barang-barang berserakan di dalam rumah hingga meletakkan elemen tertentu di ruang kerja. 

Pasalnya menurut ilmu feng shui, kehadiran barang-barang atau benda yang menghalangi diyakini dapat menyumbat aliran energi positif dan bisa berdampak pada kreativitas kita.

Baca juga: 5 Tips Feng Shui di Rumah untuk Tingkatkan Kesehatan Keluarga 

Tips feng shui untuk meningkatkan kreativitas

Energi positif yang mendukung kreativitas penghuni rumah bisa dioptimalkan dengan mengikut sejumlah tips feng shui yang tepat.

Melansir laman Mindbodygreen, berikut beberapa tips yang dapat membantu meningkatkan kreativitas kita berdasarkan prinsip dasar feng shui.

1. Merapikan ruangan atau decluttering

Mengosongkan ruangan tertentu atau decluttering terutama pada ruang yang sering digunakan untuk bekerja dapat membantu mengalirkan energi negatif yang tersumbat.

Setelah dirapikan, menurut feng shui kita dapat membakar sage atau dupa hingga menyalakan musik yang menenangkan untuk membantu memindahkan energi negatif yang tertahan.

2. Merapikan tempat tidur

Kreativitas yang menurun tidak hanya datang dari energi negatif yang memblokir segala macam inspirasi, tetapi juga bisa disebabkan oleh kondisi tubuh.

Menurut feng shui, tubuh yang mengalami kelelahan bisa menyebabkan kita merasa malas dan ini waktunya untuk memperbaiki pola tidur.

Selain mengatur waktu tidur lebih cepat, beberapa tips feng shui di kamar tidur dapat kita terapkan seperti mengganti sprei, merapikan selimut hingga membuat lingkungan kamar semakin terasa nyaman.

3. Memasukkan elemen air ke dalam ruangan

Air dianggap dapat membawa banyak manfaat di dalam feng shui. Elemen yang satu ini dapat memulai siklus dan kreativitas kita akan segala sesuatu.

Kita dapat memberikan partisi tambahan berupa hiasan air mancur mini di dekat meja kerja kita untuk merasakan ketenangan energi yang dibawa oleh air.

Kemudian pastikan juga tubuh meminum banyak air untuk bisa mendapatkan manfaat yang baik dari elemen ini.

Baca juga: 4 Pilihan Warna Feng Shui untuk Menarik Kekayaan dan Keberlimpahan 

Ilustrasi menghirup udara segar, napas jadi lebih legaPexels Ilustrasi menghirup udara segar, napas jadi lebih lega

4. Bergerak dan istirahat sejenak

Jika kita merasa tidak dapat berpikir dan mendapatkan inspirasi, coba pergi ke luar ruangan untuk sekadar menghirup udara segar.

Meregangkan tubuh dan beristirahat sejenak dapat membantu menyegarkan pikiran. Selain itu, menurut feng shui ketika kita melihat suatu objek dari berbagai elemen alam dapat meningkatkan kreativitas dengan mendatangkan inspirasi baru.

Berbagai elemen alam yang dimaksud itu berupa pepohonan hijau, aliran air yang mengalir hingga rerumputan dianggap dapat memicu ide-ide baru dan meningkatkan kreativitas kita.

5. Melatih energi kreatif

Di dalam feng shui, ada beberapa hal atau simbol yang dikaitkan dengan kreativitas, seperti lukisan bunga, patung artistik, atau barang-barang yang mewakili bakat dan imajinasi.

Menyertakan simbol-simbol ini di area kita bekerja atau melakukan sesuatu dapat membantu memperkuat energi kreatif tersebut.

Saat energi kreatif ini mulai mengalir lebih lancar, kemungkinan kita juga dapat menemukan kemudahan untuk membuat keputusan, mendapatkan inspirasi hingga kepuasan dalam mencurahkan kreativitas kita.

Baca juga: Mengenali Kreativitas, dan 10 Cara Membangkitkannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com