Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria dengan Hidung Besar Punya Penis Lebih Panjang Saat Ereksi?

Kompas.com - 22/06/2023, 22:11 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Huffpost

KOMPAS.com - Peneliti di Korea Selatan menemukan fakta baru terkait dengan ukuran penis saat ereksi dan ukuran hidung.

Studi yang dilakukan pada tahun 2021 itu menemukan bahwa ukuran hidung pria 4,5 cm memiliki panjang rata-rata penis tidak ereksi sekitar 10 cm.

Namun mereka yang memiliki ukuran hidung lebih besar, seperti 5,5 cm memiliki ukuran penis rata-rata yaitu sekitar 13,4 cm.

"Ukuran hidung merupakan indikator penting dari ukuran panjang penis. Sedangkan lingkar penis bisa dilihat dari ukuran kaki," kata Dr Sungwoo Hong, seperti dilansir Huff Post.

Studi itu dilakukan berdasarkan studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa paparan hormon pada periode prenatal dapat memengaruhi organ reproduksi.

Itu artinya, pria yang memiliki hidung besar cenderung memiliki tingkat testosteron yang lebih tinggi ketika di dalam rahim, sampai pada akhirnya memberi pengaruh pada ukuran hidung dan penis saat ereksi di atas rata-rata.

Baca juga: Benarkah Masturbasi Bisa Picu Disfungsi Ereksi? 

Dalam beberapa tahun terakhir, ukuran rata-rata penis saat ereksi juga terus mengalami perubahan yang cukup signifikan.

Bahkan ada data menyebut kalau ukuran rata-rata penis ereksi terus mengalami peningkatan (semakin panjang dari tahun ke tahun).

Hal itu dikaitkan oleh kebiasaan makan seperti junk food hingga polusi selama tiga dekade terakhir yang mempengaruhi pertumbuhan organ reproduksi pada pria.

Di sisi lain, sebuah studi di Universitas Standford yang diterbitkan dalam Journal of Mens Health, telah melihat data dari 75 studi dengan lebih 55.000 pria dari tahun 1992 hingga 2021 yang berfokus pada panjang penis saat ereksi.

Tim peneliti yang terlibat dalam studi itu menemukan bahwa rata-rata ukuran penis telah tumbuh sebesar 24 persen selama periode 30 tahun.

"Panjang penis saat ereksi semakin mengalami pertumbuhan dari rata-rata 4,8 inci menjadi 6 inci selama 29 tahun terakhir," kata Dr Michael Eisenberg, seorang dokter yang terlibat dalam studi tersebut.

Baca juga: Berapa Kali Ereksi Pria yang Normal Dalam Sehari? 

Kategori penis grower dan shower

Mengetahui apa itu cock ring sangatlah penting sebelum menggunakan alat ini untuk bercinta. Mengetahui apa itu cock ring sangatlah penting sebelum menggunakan alat ini untuk bercinta.

Dalam perubahan ukuran penis itu, studi lainnya menunjukkan ada perbedaan dalam kategori penis yaitu "grower" dan "shower".

"Grower" merupakan ukuran penis rata-rata yang ketika ereksi mengalami pertambahan ukuran yang signifikan, bahkan hingga 2 kali lipat ukuran asli.

Sementara "shower" sering disebut sebagai penis yang tampak terlihat cukup besar meskipun tidak ereksi. Sedangkan saat mengeras, panjangnya dan diameternya tidak banyak berubah dari ukuran asli.

Para ahli kemudian memeriksa perbedaan keduanya di Kongres Asosiasi Urologi Eropa, di Milan dan menelaah apa yang membuat penis pria tergolong sebagai grower atau shower.

Mereka mengatakan jika ukuran penis tumbuh sebesar 56 persen atau lebih saat ereksi, maka kategori penisnya itu grower. Pada jenis penis yang satu ini, ada 24 persen pria yang memilikinya di penelitian tersebut.

Tetapi jika penis hanya mengalami perubahan ukuran setidaknya sekitar 31 persen pada saat belum ereksi, maka jenis penisnya "shower". Menurut data, setidaknya 25 persen pria memiliki jenis penis itu. 

Baca juga: Penjelasan Ilmiah Mengapa Bentuk Penis Seperti Jamur 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com