Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Manfaat Tomat untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Kompas.com - 13/07/2023, 13:09 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tomat dikenal sebagai buah yang memiliki rasa segar serta serbaguna karena dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, mulai dari dimakan langsung hingga menjadi pelengkap masakan.

Namun, sebenarnya tomat tidak hanya sekadar memiliki rasa enak lho.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), tomat sebenarnya bernutrisi tinggi, dilengkapi dengan kalium, vitamin A, dan antioksidan likopen.

Selain itu, UCLA Health megatakan bahwa tomat juga merupakan buah dengan kadar air tertinggi, yaitu 94 persen, sehingga jauh lebih menghidrasi dibanding semangka.

Baca juga: Cara Mudah Mencegah Jerawat Hanya dengan Tomat

Karena itulah, tak heran jika tomat memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti dikutip dari Everyday Health, berikut ini.

Melindungi dari sengatan matahari

Mengutip MedlinePlus, tomat sebenarnya kaya akan likopen karotenoid, pigmen yang larut dalam lemak dan memberi warna merah pada tomat.

Lycopene ini dapat melindungi kulit dari stres oksidatif, termasuk kerusakan ultraviolet (UV) dari matahari.

Jadi jika memakan buahnya dalam jumlah cukup, tomat bisa berperan sebagai tabir surya internal dengan menangkal sengatan matahari yang berpotensi menimbulkan kanker kulit.

Kendati demikian, hal ini masih perlu diteliti, dan tentu saja tomat tidak bisa menggantikan sunscreen asli.

Baca juga: INFOGRAFIK: Benarkah Sinar Matahari Dapat Mencegah Kanker Kulit?

Menurunkan risiko kanker

Lycopene dalam tomat bukan hanya dapat melindungi kita dari kanker kulit, namun juga menurunkan risiko kanker lainnya, termasuk kanker payudara, prostat, dan paru. Hal ini disebabkan karena lycopene dalam tomat dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan memacu fungsi kekebalan tubuh.

“Lycopene, bersama dengan antioksidan lain dalam tomat, bekerja secara sinergis untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas,” kata Jennifer Christman, RDN, selaku direktur nutrisi klinis di situs Optavia,

Perlu diingat, radikal bebas merupakan senyawa yang dikaitkan dengan penyakit dan penuaan. Karena itulah, tomat berperan penting dalam pencegahan kanker.

Christman pun menambahkan, produk olahan dengan tomat pekat seperti pasta tomat, memiliki kandungan lycopene yang sedikit lebih tinggi. Namun, itu tidak berarti kita harus menghindari tomat segar, karena kandungan lycopene di dalamnya tak kalah melimpah.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Radikal Bebas dan Cara Menangkalnya

Ilustrasi jus tomat.Shutterstock Ilustrasi jus tomat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com