Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suguhan Wastra Batik Desainer Ibu dan Anak di Panggung JF3 2023

Kompas.com - 25/07/2023, 14:05 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Panggung JF3 Fashion Festival 2023 turut dimeriahkan banyak desainer yang tergabung dalam Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI).

Dalam kesempatan ini, beberapa desainer yang terlibat di dalamnya menampilkan beragam koleksi bernuansa wastra Nusantara.

Mereka di antaranya adalah Defrico Audy, Kaloka by Leny Rafael & Kevin Ketaren, Djoe Official, Kalambe by Yayan Septian dan Melia Wijaya, Lia Afif hingga Aura Afilia.

Satu hal yang menarik dari presentasi busana bernuansa wastra itu datang dari harmonisasi Lia Afif dan Aura Afilia merupakan ibu dan anak.

Keduanya sama-sama berkiprah di industri mode yang menampilkan koleksi busana dengan kearifan lokal berupa wastra batik dalam siluet outfit kekinian.

Baca juga: Kemeriahan Karnaval Dalam Koleksi Bubah Alfian X Revashion di JF3 2023 

Koleksi busana Lia Afif

Koleksi busana Lia Afif di JF3 Fashion Festival 2023Dok. JF3 Fashion Festival Koleksi busana Lia Afif di JF3 Fashion Festival 2023

Lia Afif, desainer senior ini berkolaborasi dengan Dekranasda dan Pemerintah Kota Probolinggo untuk menampilkan koleksi busana bertajuk Akrala Avatta yang berarti kekuatan alam.

Akrala diambil dari kata Akral (bahasa Sansekerta yang berarti kuat dan Avatta diambil dari kata Avata (bahasa Marathi) yang berarti badai yang mewakili alam.

Koleksi ini menyuguhkan 12 look, 10 untuk busana wanita dan dua look lagi untuk pria dengan desain modest wear, yang diberikan sentuhan batik Probolinggo yang khas dengan motifnya.

Sedangkan beberapa dominasi warna yang digunakan sudah disesuaikan dengan tren busana modest wear saat ini seperti nude, cream, mocha, terakota hingga kuning mustard.

Koleksi batik Probolinggo ini menggunakan pewarna alam khas Probolinggo seperti warna batik dari dedaunan, akar serta pewarna alam lain.

"Dibuat para perajin, saya dan tim yang membuat rancangan dan siluetnya terbilang modern," ujar Lia Afif dalam keterangannya kepada Kompas.com.

Secara keseluruhan, koleksi ini menampilkan busana dengan garis tegas yang mewakili kekuatan dan keteguhan.

Padu-padan dari aksen lace dan lurik serta batik tulis Probolinggo membuat koleksi ini tampak anggun dan elegan sehingga dapat dikenakan dalam berbagai kesempatan.

Baca juga: Memakai Batik Printing, Tidak Tahu atau Terpaksa? 

Koleksi busana Aura Afilia

Koleksi busana Aura Afilia di JF3 Fashion Festival 2023Dok. JF3 Fashion Festival Koleksi busana Aura Afilia di JF3 Fashion Festival 2023

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com