Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minyak Zaitun Bisa Kurangi Risiko Kematian akibat Demensia, Benarkah?

Kompas.com - 25/07/2023, 15:11 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Euronews

KOMPAS.com - Minyak zaitun telah lama dianggap sebagai salah satu makanan super yang dapat membantu manusia hidup lebih lama, sebagai efek dari konsumsi rutin diet harian.

Belum lama ini, sebuah penelitian menunjukkan, minyak zaitun dapat membantu mengurangi risiko kematian akibat demensia.

Menurut para peneliti di Harvard, menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti lemak seperti margarin dan mayones dapat mengurangi risiko kematian akibat demensia.

Demensia mencakup berbagai kondisi yang memengaruhi daya ingat dan kemampuan mental lainnya yang terasa mengganggu kehidupan sehari-hari.

Kondisi ini disebabkan oleh perubahan fisik pada otak, dengan penyakit alzheimer sebagai jenis yang paling umum.

Baca juga: Cara Tepat Pakai Minyak Zaitun untuk Rambut

Minyak zaitun bisa kurangi risiko kematian akibat demensia

Dalam penelitian pertama yang menyelidiki hubungan antara pola makan dan kematian terkait demensia, para ilmuwan menganalisis kuesioner pola makan dan catatan kematian lebih dari 90.000 warga Amerika Serikat, selama tiga dekade.

Dari jumlah tersebut, 4.749 orang tercatat meninggal karena demensia.

Peneliti juga menemukan, mereka yang mengonsumsi lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun setiap hari memiliki risiko 28 persen lebih rendah untuk meninggal, akibat demensia, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah atau jarang mengonsumsi minyak zaitun.

Studi ini menunjukkan bagaimana mengganti satu sendok teh margarin atau mayones dengan minyak zaitun setiap hari juga dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat demensia antara 8-14 persen.

"Studi kami memperkuat pedoman diet yang merekomendasikan minyak nabati seperti minyak zaitun tidak hanya mendukung kesehatan jantung, tetapi juga kesehatan otak."

Demikian penuturan Anne-Julie Tessier, seorang rekan postdoctoral di Harvard TH Chan School of Public Health, seperti dikutip dari lamanEuronews.

Baca juga: Menghilangkan Bekas Luka dengan Minyak Zaitun

"Memilih minyak zaitun, produk alami, daripada lemak seperti margarin dan mayones komersial adalah pilihan yang aman, serta dapat mengurangi risiko demensia yang fatal," tegas dia.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan otak

Penelitian sebelumnya menunjukkan, orang yang menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti lemak olahan atau lemak hewani cenderung memiliki pola makan yang lebih sehat.

Mereka pun berpotensi memiliki hasil kesehatan yang lebih baik.

Beberapa penelitian juga mengaitkan asupan minyak zaitun yang lebih tinggi dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com