Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Membuat Chili Oil Sendiri dengan Mudah dan Cepat

Kompas.com - 26/07/2023, 05:05 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Brit.co

KOMPAS.com - Chili oil atau minyak cabai merupakan bagian penting dalam tradisi kuliner China yang berfungsi untuk meningkatkan rasa makanan.

Bagi para pencinta pedas, perpaduan harmonis antara minyak yang diresapi rempah-rempah aromatik dan serpihan cabai ini akan memberikan esensi beraroma dan kerenyahan yang membuat hidangan jadi lebih nikmat.

Kita memiliki kebebasan untuk memilih berbagai jenis cabai, mulai dari yang lembut dan ringan, hingga yang sangat pedas dan super pedas, tergantung pada bagaimana kita ingin  menikmati pedasnya.

Proses pembuatan chili oil pun terbilang mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak cara membuat chili oil sendiri di rumah dalam hitungan beberapa menit saja, seperti dikutip dari laman Brit.co berikut ini.

Bahan-bahan yang diperlukan:

Minyak
Idealnya, minyak yang dipakai adalah minyak dengan rasa netral seperti minyak sayur, kanola, kacang tanah, kedelai, atau biji anggur.

Rempah-rempah
Rempah-rempah penting yang dibutuhkan antara lain adas manis, batang kayu manis, daun salam, dan merica.

• Garam
Garam sangat penting karena dapat membantu mengeluarkan rasa dari semua bumbu dan aromatik.

• Serpihan cabai atau cabai kering yang dihancurkan

• Bumbu dan tambahan opsional
Jika kita lebih menyukai rasa yang lebih kuat, maka kita bisa menambahkan bumbu lainnya seperti kapulaga hitam, cengkeh, bawang putih segar, atau kecap.

Cara membuatnya:

1. Kumpulkan semua bahan aromatik yang ingin digunakan. Campurkan minyak dan rempah-rempah yang telah dipilih ke dalam panci.

2. Jika kita memilih untuk menggunakan rempah-rempah esensial saja, sekitar 1 ½ cangkir minyak sudah cukup. Selanjutnya, kita dapat menambah jumlah minyak hingga 3 cangkir jika kita memutuskan untuk menggunakan bahan-bahan yang lebih kompleks.

3. Mulailah dengan meletakkan panci di atas api sedang dan secara bertahap turunkan ke api sedang, atau rendah saat minyak memanas.

Tujuannya adalah untuk mencapai suhu minyak sekitar 110-120 derajat celsius, di mana gelembung-gelembung kecil keluar secara perlahan. Lalu, biarkan aroma meresap selama setidaknya 30 menit hingga 1 jam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com