Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adidas Perkenalkan Sepatu Lari yang Mengubah Berat Badan Jadi Gerakan ke Depan

Kompas.com - 27/07/2023, 10:38 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Seperti usaha untuk memecahkan rekor lari tercepat, perlombaan menghasilkan sepatu lari terbaik rupanya tidak pernah berhenti.

Berbagai brand berlomba membuat sepatu dengan berbagai bahan dan teknologi terkini agar pemakainya bisa menembus batasan saat berlari dan menghasilkan rekor baik untuk dirinya sendiri maupun rekor dunia.

Adidas adalah salah satu perusahaan yang menjunjung inovasi dan terus meningkatkan teknologinya untuk menciptakan sepatu lari yang tidak biasa.

Dari sekian banyak produk, yang terbaru adalah siluet Switch FWD, yang dirancang untuk atlet yang ingin mendominasi lomba.

Sepatu adidas Switch FWD Sepatu adidas Switch FWD
Switch FWD didesain dengan bagian upper berbahan mesh dari lembaran utuh yang bertekstur. Bahan ini juga bisa meningkatkan sirkulasi udara, sehingga pemakainya bisa berlari selama berjam-jam tanpa merasa kepanasan di kakinya.

Bagian lidahnya (tongue) juga dibuat empuk dan nyaman sehingga tidak menimbulkan gesekan saat digunakan lari dalam waktu lama.

Tidak seperti model sepatu lari adidas lain yang menggunakan busa Boost atau Lightstrike, Switch FWD memiliki midsole campuran EVA yang mencolok dengan bentuk berongga-rongga memberi kesan ringan dan cepat.

Namun bagian paling utama dalam rancangan ini adalah bentuk dan sudut midsole yang dibuat agar bisa mengubah berat badan pemakainya menjadi dorongan untuk maju ke depan.

Mekanisme ini disebut memungkinkan pelari meningkatkan pergerakan mereka dalam setiap langkah sehingga bergerak lebih cepat sekaligus menghemat energi.

Sepatu adidas Switch FWD Sepatu adidas Switch FWD
Sedangkan sol luar Continental dibuat untuk mendukung cengkeraman yang kuat di permukaan luar ruangan, baik saat hujan maupun cerah.

Mili Seiffert, Manajer Produk Global di adidas Running mengatakan, “Kami selalu mencari cara inovatif dalam proses desain kami agar hasilnya benar-benar bermanfaat, bukan sekedar terlihat berbeda."

"Meskipun kedengarannya sederhana, ambisi untuk mengubah berat badan menjadi gerak maju lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Butuh waktu bertahun-tahun pengujian dengan atlet untuk mendapatkan desain yang tepat. Ini adalah bukti ambisi dan dorongan kami untuk menghadirkan teknologi sepatu lari baru.”

Sepatu adidas Switch FWD diluncurkan 27 Juli 2023 ini dalam warna putih dan ungu perak dengan aksen lemon untuk wanita, dan warna putih dan biru tua dengan sentuhan lemon untuk pria.

Baca juga: Adidas Perkenalkan Sepatu Baru yang Bisa Mendorong Pemakainya Melangkah ke Depan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com