Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perayaan Ulang Tahun Panda Taman Safari Digelar Meriah Weekend Ini

Kompas.com - 04/08/2023, 11:07 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seekor panda raksasa jantan bernama Cai Tao di Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Bogor bakal menyambut perayaan ulang tahun ke-13 akhir pekan ini.

Sebelumnya, Cai Tao lahir di China pada tanggal 8 Agustus 2010. Namun, karena hari itu jatuh pada hari kerja, perayaannya pun diundur pada akhir pekan ini, tanggal 5 dan 6 Agustus 2023.

Perayaan ulang tahun panda raksasa di TSI bakal disambut dengan rangkaian acara meriah yang dapat dinikmati pengunjung.

"Ada konser seperti ulang tahun anak-anak, ada games juga, QnA, ada perayaan sepsial yang diberikan oleh keeper (perawat panda)," kata Cacih Ladia, seorang perawat panda di TSI Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Kamis, 3 Agustus 2023.

Baca juga: 10 Bahan Alami untuk Mengurangi Mata Panda 

Seperti halnya perayaan ulang tahun anak-anak, Cai Tao juga akan mendapatkan kue ulang tahun spesial sebanyak dua kali.

Kue ulang tahunnya ada yang dibuat dari es, dan juga kue lain yang dibuat dari bahan baku aman untuk bisa dinikmati Cai Tao.

"Itu akan diberikan untuk Cai Tao di hari Sabtu dan Minggu," ujar Cacih.

Panda raksasa bernama Cai Tao, di Taman Safari Indonesia, Cisarua, BogorKOMPAS.COM / DINNO BASKORO Panda raksasa bernama Cai Tao, di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor

Pengunjung Taman Safari di Bogor yang datang weekend ini juga bisa melihat langsung perilaku panda yang sedang aktif.

Pasalnya, bulan ini merupakan periode musim kawin bagi panda raksasa. Perilaku mereka akan berubah sangat aktif di siang hari sehingga aksi panda bakal menjadi tontonan menarik dan menggemaskan bagi pengunjung.

"Panda akan menjadi lebih aktif pada saat musim kawin. Hal itu dapat dilihat dari perubahan aktivitasnya dan nafsu makan," tambah Cacih.

Baca juga: Panda, Hewan Herbivora dari China yang Bertaring Tajam 

Di TSI Bogor, Cai Tao bukan satu-satunya panda raksasa yang tinggal di Istana Panda Raksasa yang berada di bagian paling atas kawasan konservasi.

Ada pula Hu Chun, panda raksasa betina yang ulang tahunnya mungkin juga bakal dirayakan secara meriah pada bulan september mendatang.

"Tidak mudah untuk mendapatkan panda di luar China. Sangat terbatas dan ketat. Dua panda ini datang pada tahun 2017 dan kami dipercaya untuk merawatnya,"

"Panda itu merupakan satwa dan ikonnya China. Jadi ini adalah titipan dan merupakan wujud diplomasi dan persahabatan antar dua negara,"

Demikian kata Agus Susanto, board member Taman Safari Indonesia di Bogor, Jawa Barat dalam kesempatan yang sama.

Baca juga: Panda Raksasa yang Diberikan ke Taiwan oleh China Mati Setelah Menderita Kejang 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com