Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Niacinamide dan Peptide untuk Peremajaan Kulit

Kompas.com - 16/08/2023, 12:58 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Inovasi perawatan kulit kini terus berkembang dengan pesat. Ada beberapa bahan unggulan yang menarik perhatian banyak orang karena manfaatnya yang berbeda namun saling melengkapi.

Bahan yang sedang kerap digunakan dalam produk perawatan kulit antara lain niacinamide dan peptide, yang ternyata saling bekerjasama mengatasi berbagai masalah kulit.

Niacinamide vs Peptides: Untuk kulit bercahaya

Niacinamide

Niacinamide atau yang biasa disebut vitamin B3 atau nikotinamida adalah vitamin yang larut dalam air dan termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks.

Dalam produk perawatan kulit, niacinamide digunakan sebagai bahan aktif karena potensi efeknya yang bermanfaat bagi kulit.

Bahan serbaguna ini bekerja sangat baik untuk berbagai masalah kulit, berikut manfaat dari niacinamide:

Baca juga: Mengenal Manfaat Skincare Mengandung Niacinamide

  • Mengatur produksi sebum

Niacinamide sangat berguna bagi kulit yang cenderung berminyak dan berjerawat karena dapat menyeimbangkan produksi minyak. Dengan mengatur kadar minyak, bahan ini mencegah penyumbatan pori-pori serta timbulnya jerawat.

  • Meningkatkan fungsi pelindung kulit

Niacinamide berperan dalam memperkuat lapisan pelindung alami kulit, mengurangi hilangnya kelembaban pada kulit, dan meningkatkan hidrasi secara menyeluruh.

  • Meratakan warna kulit

Hiperpigmentasi dan warna kulit yang tidak merata adalah masalah yang umum terjadi, tetapi niacinamide hadir sebagai solusi yang lembut namun efektif. Produk ini mampu menghambat transfer melanin, sehingga mengurangi bintik-bintik hitam dan membuat warna kulit menjadi lebih merata.

  • Bersifat anti-inflamasi

Niacinamide memiliki sifat anti-inflamasi dan memenangkan. Niacinamide mampu meredakan kemerahan serta iritasi akibat berbagai faktor lingkungan. Ini membuatnya menjadi pilihan yang sangat cocok untuk merawat kulit yang sensitif.

Baca juga: Niacinamide: Penjelasan, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Peptide

Peptide adalah rangkaian pendek dari asam amino yang merupakan unsur pembentuk protein. Dalam perawatan kulit, peptide digunakan sebagai komponen yang memiliki potensi untuk mendukung beragam fungsi kulit serta mengatasi masalah kulit.

Peptide dapat berkontribusi pada peningkatan tampilan dan kesehatan kulit secara menyeluruh.

Sederet manfaat peptide untuk kulit:

Baca juga: Mengenal Skincare Copper Peptide dan Manfaatnya bagi Kulit

  • Meningkatkan kolagen

Peptide terkenal karena kemampuannya untuk merangsang produksi kolagen.

Kolagen memiliki peran penting dalam menjaga kekencangan dan elastisitas kulit, namun produksinya berkurang seiring bertambahnya usia.

Peptide berfungsi sebagai pesan yang memberi sinyal pada kulit agar memproduksi lebih banyak kolagen dan membantu mengurangi kemunculan garis halus dan kerutan pada kulit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com