Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harrison Ford Jadi Inspirasi Nama untuk Spesies Ular Baru dari Peru

Kompas.com - 16/08/2023, 20:26 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Aktor asal Amerika Serikat, Harrison Ford menjadi inspirasi untuk penamaan spesies ular yang baru ditemukan di Taman Nasional Otishi Peru.

Para peneliti yang tergabung dalam penemuan ular itu mengatakan, Harrison Ford merupakan sosok yang sangat peduli dengan lingkungan.

Aktor yang terkenal berkat perannya di film "Indiana Jones" itu mengatakan, dia juga sangat menyukai ular dan sering bertemu dengan ular dalam kehidupan nyata.

Baru-baru ini, German Society for Herpetology and Herpetoculture (DGHT) kemudian mengumumkan penamaan Tachymenoides harrisonfordi untuk penemuan ular tersebut.

"Bagi seorang ahli biologi, mendeskripsikan spesies baru dan mempublikasikan dengan nama barunya adalah kegiatan paling penting selama krisis keanekaragaman hayati,"

Demikian kata Edgar Lehr, peneliti utama dari proyek tersebut, seperti dilansir BBC.

Baca juga: 10 Spesies Ular Terbesar di Dunia, Siapa Juaranya? 

spesies ular baru Tachymenoides harrisonfordiCONSERVATION INTERNATIONAL / EDGAR LEHR spesies ular baru Tachymenoides harrisonfordi

Spesies ular baru itu memiliki panjang 40,6 cm dan berwarna coklat kekuningan dengan ciri khas bercak hitam yang tersebar di bagian perut dan garis vertikal di atas warnanya yang berwarna kekuningan.

Penamaan Harrison Ford untuk spesies ular baru itu pun bertujuan demi melindungi spesies ular dari kepunahan.

"Hanya organisme yang dikenal yang dapat dilindungi," papar Lehr.

Ford yang dihubungi secara terpisah mengatakan, penamaan spesies ular yang terinspirasi darinya merupakan suatu kehormatan tersendiri.

"Para ilmuwan terus menamai makhluk dengan nama saya. Tetapi selalu yang menakutkan untuk anak-anak," kata Ford sambil bercanda dalam sebuah pernyataan.

Ya, Harrison Ford bukan kali pertama namanya dipakai untuk penemuan spesies hewan.

Pada tahun 1993, spesies laba-laba dari California diberi nama Calponia harrisonfordi, lalu ada juga seekor semut yang diberi nama Pheidole harrisonfordi.

Baca juga: Rahasia Harrison Ford Tetap Sehat dan Bugar di Usia 80 Tahun 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com