Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Cengkeh untuk Bikin Rambut Lebih Sehat dan Kuat

Kompas.com - 24/08/2023, 19:42 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berasal dari Indonesia, cengkeh adalah rempah yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Mulai dari mengobati berbagai penyakit pencernaan dan membantu pengobatan gigi.

Selain itu, cengkeh juga merupakan bagian integral dari balnyak pengobatan China dan Ayurveda karena sifat antimikroba, antivirus, anestesi, anti-parasit, dan antioksidannya.

Banyak dicari karena rasa dan kegunaannya sebagai obat, penelitian modern telah mengonfirmasi manfaat cengkeh yang luas, termasuk untuk perawatan rambut agar lebih sehat dan kuat.

Baca juga: Cara Menanam Cengkeh di Pot, Solusi untuk Lahan Sempit

Manfaat cengkeh untuk kesehatan rambut
Dilansir dari laman Byrdie, para ahli pun membagikan beberapa manfaat cengkeh untuk menjaga kesehatan rambut sebagai berikut.

1. Meningkatkan sirkulasi kulit kepala
Cengkeh dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut secara tidak langsung dengan meningkatkan sirkulasi kulit kepala karena cengkeh mengandung vitamin K.

Menurut ahli gizi, Carlie Saint-Laurent Beaucejour, MS, RD, LDN, banyak perawatan maupun teknik pertumbuhan dan regenerasi rambut populer yang bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi kulit kepala.

Sebab, aliran darah beroksigen yang sehat diyakini dapat memberikan fondasi yang sehat untuk pertumbuhan rambut baru.

Meskipun ada banyak manfaat untuk meningkatkan asupan vitamin K, ada beberapa obat dan kondisi yang mungkin terkena dampak negatifnya.

Saint-Laurent Beaucejour pun memperingatkan untuk menghindari cengkeh jika kita sedang mengonsumsi obat antikoagulan karena kandungan vitamin K.

"Saya tidak merekomendasikan konsumsi cengkeh untuk anak-anak dan wanita hamil," tambahnya.

"Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum menambahkan atau mengganti suplemen, herbal, dan rempah-rempah," sarannya.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Rambut Rontok di Cuaca Panas Ekstrem

2. Membantu pertumbuhan rambut
Saint-Laurent Beaucejour mengatakan, cengkeh dapat membantu pertumbuhan rambut karena kandungan beta karotennya yang mendorong pertumbuhan sel, dan vitamin K, yang juga melancarkan peredaran darah.

Namun, manfaat ini bersifat tidak langsung, karena cengkeh belum terbukti secara ilmiah memiliki efek yang terukur pada pertumbuhan rambut saat dikonsumsi.

Dokter spesialis kulit, Dr Rebecca Marcus, MD, menambahkan, dalam penelitian pada hewan seperti kelinci, mengoleskan minyak cengkeh secara topikal pada kulit telah terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut.

Penelitian juga mendukung penggunaan pengobatan alami yang mengandung cengkeh untuk masalah rambut dan kulit kepala.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com