Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/08/2023, 17:33 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Bopeng bekas jerawat merupakan masalah kulit yang sama menyebalkannya seperti jerawat itu sendiri. Kabar baiknya, ada berbagai pilihan terapi untuk mengembalikan kehalusan dan kondisi kulit.

Bopeng termasuk jenis bekas jerawat atrofi atau bekas luka tertekan yang sembuh di bawah lapisan normal jaringan kulit. Sayangnya, sel kulit tidak mampu memproduksi kolagen yang cukup untuk mengisi area yang rusak. Akibatnya, terjadilah cekungan di kulit.

Ada berbagai perawatan di klinik yang umum dipakai untuk mengatasi bopeng, misalnya saja mikrodermabrasi, chemical peeling (pengelupasan kulit dengan zat asam), skin needling roller, sinar laser, hingga dermabrasi.

Hampir semua treatment di atas bekerja dengan cara mengikis kulit luar secara bertahap hingga cekungan bopeng berkurang.

"Perawatannya perlu berulang-ulang dan ada down time, misalnya wajah kemerahan," kata dr.Helen dari Regenesis Indonesia selaku distributor aesthetic.

Baca juga: Penyebab Bekas Jerawat Menjadi Bopeng

Saat ini telah muncul inovasi baru perawatan bopeng bekas jerawat dengan teknologi ultrasound (gelombang suara).

Dr.Wichai HongcharuRegenesis Dr.Wichai Hongcharu
Menurut Helen, di dunia kecantikan selama ini teknologi ultrasound dipakai secara luas untuk perawatan antipenuaan.

"Biasanya untuk lifting atau pengencangan. Tapi kini untuk perawatan bopeng ada alternatifnya yaitu dengan ultrasound ini," paparnya.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr.Wichai Hongcharu dari Mae Fah Luang University Thailand, terbukti pasien yang memakai perawatan ultrasound mengalami perbaikan dalam tampilan bopengnya.

"Teknologi kedokteran semakin maju, memungkinkan munculnya alat medis yang bisa menghilangkan bopeng menggunakan energi ultrasound (SUPERB Teknologi). Alat ini mengubah gelombang ultrasound menjadi panas yang dihantarkan ke lapisan dermis, tanpa melukai kulit bagian luar," katanya dalam acara pertemuan ilmiah tahunan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia di Jakarta (24/8/2023).

Baca juga: Mungkinkah Banyak Konsumsi Makanan Manis Bisa Menyebabkan Jerawat?

Panas yang dihantarkan kemudian memicu terbentuknya kolagen baru yang lebih sehat dan tebal, sehingga bopeng diperbaiki dari bagian dalam.

Alat ini juga sekaligus berfungsi untuk mengencangkan kulit dan mengangkat kulit yang sudah kendur.

"Perawatannya cukup satu kali tetapi efektif mengurangi lubang box scar. Tetapi perlu tidaknya pengulangan tergantung keparahan bekas lukanya," kata dokter yang sudah menggunakan alat ultrasound pada hampir 1000 pasien di Thailand ini.

Helen mengatakan, di Indonesia alat ultrasound yang memiliki kemampuan tersebut adalah Softwave. Alat ini memiliki teknologi baru dan sudah mendapat rekomendasi dari FDA untuk perawatan selulit.

"Alat ini memang tergolong premium dan lebih banyak digunakan untuk perawatan anti-aging. Namun saat ini sedang dalam proses ijin penggunaan untuk mengatasi bopeng bekas jerawat," katanya.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Wajah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com