Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Sheba Bentuk Restorasi Terumbu Karang Terbesar di Dunia

Kompas.com - 28/08/2023, 05:42 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para ilmuwan dari seluruh dunia telah mengeluarkan peringatan serius mengenai masa depan terumbu karang tropis dunia.

Menurut perhitungan, jika tidak ada tindakan segera yang diambil maka diprediksikan 90 persen terumbu karang tropis global berpotensi hilang pada tahun 2043.

Hilangnya terumbu karang tak hanya berdampak pada ekosistem terumbu karang itu sendiri, tetapi juga miliaran orang yang bergantung pada terumbu karang untuk kebutuhan seperti makanan, pendapatan, dan perlindungan kawasan pesisir.

Perusahaan makanan hewan peliharaan, Sheba, di bawah naungan PT Mars Indonesia, turut berpartisipasi dalam menjaga keanekaragaman hayati laut untuk masa depan yang lebih baik.

Mereka telah menciptakan program bernama "Sheba Hope Grows" dengan tujuan memulihkan terumbu karang di daerah Bontosua, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

“Dari 18 bulan sosialisasi dengan komunitas dan pemerintahan setempat, Bontosua menjadi kepulauan yang masyarakatnya mau terlibat karena jika masyarakat tak ingin terlibat maka restorasi akan sangat menantang,” ujar Philipa Mansell, Indonesia Marine Program Lead, Mars Sustainable Solutions.

Restorasi terumbu karang menggunakan metode MARRS (Mars Assisted Reef Restoration System) dengan menggunakan reef star.

Reef star memiliki bentuk seperti bintang dengan lebar sekitar 90 sentimeter yang digunakan sebagai wadah untuk pertumbuhan terumbu karang yang baru.

Reef Star dari ShebaDok. Sheba Reef Star dari Sheba

Metode ini telah melewati serangkaian uji coba sejak tahun 2006. Berbagai metode pun telah mereka coba seperti metode gorong-gorong, metode meja, beton, hingga akhirnya ditemukan metode reef star yang dirasa paling efektif untuk pemulihan terumbu karang.

Reefs star sendiri dibuat dari susuanan rangka yang dilapisi bahan antikarat. Kemudian, rangka itu diberi fragmen pasir dan terumbu karang yang ada di wilayah sekitar Bontosua.

Reef Star dari ShebaDok. Sheba Reef Star dari Sheba

Pada tahun 2019, Sheba berhasil menyelesaikan restorasi terumbu karang dengan membentuk formasi tulisan "H-O-P-E" berukuran 46x14 meter.

Secara keseluruhan, pemulihan terumbu karang ini telah mencapai 80.000 meter. Targetnya, pada tahun 2029, luas terumbu karang yang berhasil dipulihkan akan mencapai lebih dari 185.000 meter persegi atau setara dengan 148 kolam renang Olimpiade.

General Manager Mars Pet Nutrition Indonesia, Susan Wan menjelaskan, pilihan untuk menggunakan kata "H-O-P-E" dalam formasi ini untuk menandakan adanya harapan bagi pemulihan terumbu karang.

Ini juga bertujuan untuk menginspirasi semua orang agar turut melakukan hal yang sama agar ekosistem di laut tetap sehat.

“Dalam segi perkataannya, hope itu ada harapan. Harapan untuk kemudian hari, harapan untuk generasi yang akan datang, harapan untuk ikan, harapan untuk terumbu karang dan keindahan lautan,” ujar Susan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com