Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Jantung hingga Otak

Kompas.com - 28/08/2023, 14:08 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Health

KOMPAS.com - Apel menjadi salah satu buah yang banyak dikonsumsi, baik sebagai camilan atau tambahan untuk berbagai hidangan seperti kue pie, jus, maupun salad buah.

Namun, selain kegunaannya dalam kuliner, apel juga dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Tak heran jika muncul ungkapan, "satu buah apel setiap hari menjauhkan kita dari dokter". 

Manfaat buah apel untuk kesehatan
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat kesehatan dari buah apel, simak penjelasan selengkapnya seperti dilansir dari laman Health berikut ini.

1. Menjaga kesehatan jantung
Apel, terutama dengan kulitnya, merupakan sumber serat, polifenol, dan nutrisi lain yang mendukung kesehatan jantung.

Beberapa penelitian telah mengaitkan apel dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Sebuah tinjauan pada tahun 2020 menemukan, mengonsumsi 100-150 gram (g) apel utuh setiap hari (sekitar satu apel kecil) dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan faktor risiko seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Di samping itu, mengonsumsi apel setiap hari juga bisa menurunkan risiko kematian akibat stroke sebesar 27 persen dan menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 25 persen.

Baca juga: 10 Manfaat Buah Apel Hijau, Kontrol Berat Badan sampai Gula Darah

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Apel adalah sumber pektin yang baik, yakni serat larut yang dapat meningkatkan pencernaan.

Sebagai serat larut, pektin menyerap air di saluran pencernaan, sehingga menghasilkan feses yang lebih besar dan lebih lembut agar lebih mudah dikeluarkan.

Pektin juga dikenal sebagai prebiotik yang mendorong pertumbuhan dan aktivitas bakteri baik dalam usus.

3. Mendukung manajemen berat badan
Apel mengandung air dan serat yang tinggi, namun rendah kalori yang dapat membantu manajemen berat badan dengan membuat kita tetap kenyang dan mengurangi asupan kalori harian.

Sebuah penelitian pada orang dewasa mengaitkan asupan yang lebih tinggi dari buah dan sayuran kaya serat dengan penurunan berat badan.

Peserta yang sering makan apel kehilangan berat badan rata-rata 1,24 kilogram selama empat tahun. Tinjauan lain menemukan, asupan apel secara signifikan menurunkan indeks massa tubuh (BMI). 

Baca juga: Ragam Manfaat Makanan Pedas, Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

4. Mencegah diabetes
Penelitian menunjukkan, orang yang tiap hari makan dua porsi buah utuh, seperti apel, memiliki risiko 36 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi kurang dari setengah porsi.

Satu tinjauan menemukan, apel dan pir dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 sebesar 18 persen. Dan menurut para, mengonsumsi apel satu porsi per minggu dapat mengurangi risiko diabetes sebesar 3 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com