Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2023, 08:22 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Pada tahun 2022, legenda NBA Michael Jordan mencatat penghasilan sebesar 29.223 dollar AS per jam atau kira-kira Rp 444 juta, hanya dari kerja samanya dengan Nike.

Capaian penghasilan Mike masih lebih tinggi dari bintang sepak bola Argentina, Lionel Messi, yang kini masih merumput di Inter Miami.

Forbes mencatat, Messi mendapatkan penghasilan sebesar 14.840 dollar AS per jam atau kira-kira Rp 225 juta, untuk periode yang sama dari gaji sebagai pemain, juga iklan dan sponsor. 

Michael Jordan dan Lionel Messi diakui sebagai greatest of all time (GOAT) dalam bidang olahraganya masing-masing.

Baca juga: Jersey Michael Jordan yang Dipakai di Olimpiade Laku Rp 45 Miliar

Hal ini tentu saja memacu percakapan yang membandingkan keduanya.

Perbandingan ini semakin menarik ketika Messi bertransisi ke Major League Soccer di AS, dari kasta tertinggi sepak bola Eropa.

Perbandingan pendapatan per jam Jordan vs Messi pada tahun 2022

Pada tahun 2022, pendapatan Michael Jordan dari kesepakatannya dengan Nike mencapai 256 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,89 triliun.

Capaian itu terwujud tak lain berkat kesuksesan besar Jordan brand, sebagai alas kaki yang menyusupi setiap sendi kehidupan, tak cuma olahraga tapi pun gaya hidup.

Baca juga: Foto Piala Dunia Messi Pecahkan Rekor Like Instagram Terbanyak

Lini sepatu terkenal ini menghasilkan 5,1 miliar dollar AS atau mencapai Rp 77,5 triliun, di mana Mike mendapatkan 5 persen dari angka total tersebut.

Sebaliknya, pendapatan Lionel Messi memiliki dua sumber utama.

Penghasilannya di lapangan, yang terdiri dari gajinya, berjumlah 75 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,1 triliun, dan tambahan 55 juta dollar AS atau kira-kira Rp 836 miliar dari luar lapangan.

Dengan 8.760 jam dalam setahun, perhitungan untuk penghasilan per jamnya selama setahun cukup sederhana!

Membagi penghasilan Jordan dari kesepakatan Nike, yaitu 256 juta dollar AS dengan 8.760 menghasilkan angka 29.223 dollar AS per hari atau Rp 444 juta.

Sementara itu, perhitungan yang sama diterapkan pada penghasilan tahunan Messi sebesar 130 juta dollar AS, menghasilkan angka penghasilan harian 14.840 dollar AS atau Rp 225 jutaa.

Perbandingannya menjadi lebih mencolok mengingat Rp 225 juta per jam adalah pendapatan tahunan Messi baik sebagai pemain dan juga iklan.

Baca juga: Sang GOAT Lionel Messi Jadi Model Iklan Terbaru Louis Vuitton

Nah, bagi Mike penghasilan Rp 444 juta per jam cuma didapat dari kesepakatan dengan Nike. Ya, Mike sudah lebih dari dua dekade meninggalkan karirnya sebagai pemain NBA.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com