Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Bukan Egois, Ini Pentingnya Utamakan Diri Sendiri

Kompas.com - 02/09/2023, 16:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Mengutamakan diri sendiri tak selalu berarti egois. Pasalnya, mengutamakan diri sendiri penting untuk mencapai keseimbangan antara karier dan tanggung jawab pribadi.

Hal tersebut akan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup, kesehatan, hubungan, dan keberhasilan jangka panjang. Dengan demikian, seseorang yang mengutamakan diri sendiri cenderung lebih sukses dan merasa hidupnya lebih berarti.

Informasi ini pun menjadi pembahasan utama dalam siniar Obsesif bertajuk “Hargai dan Utamakan Diri Sendiri Terlebih Dulu” yang dapat diakses melalui tautan bit.ly/ObsesifDiri.

Mengapa Perlu Mengutamakan Diri Sendiri?

Kebanyakan orang terlalu bersemangat membahagiakan orang lain sehingga lupa dengan kebahagiaan dirinya sendiri. Jika berlebihan, kondisi tersebut dapat menimbulkan seseorang rentan merasa hampa atau kecewa.

Padahal, yang bertanggung jawab atas kebahagiaan seseorang adalah dirinya sendiri. Oleh karena itu, setiap orang perlu belajar untuk mengutamakan dirinya sendiri.

Mengutamakan Diri Sendiri Dapat Mengurangi Beban Emosional

Ketika terjebak dalam keinginan untuk membahagiakan orang lain, seseorang tak akan memiliki keberanian untuk mengatakan “tidak”. Padahal, kondisi tersebut akan berdampak buruk pada kesehatan emosional.

Baca juga: Jangan Dipendam, Segera Sembuhkan Luka Batinmu

Mengutamakan diri sendiri bisa dimulai dengan berani mengatakan “tidak” pada hal yang tak sesuai dengan kapasitas atau kebutuhan pribadi. Hal ini akan membantu mengurangi beban emosional yang ditimbulkan akibat terlalu banyak menanggapi tuntutan orang lain.

Dengan demikian, kita dapat menjaga keseimbangan emosional dan mencegah stres yang berlebihan.

Orang Sukses Cenderung Lebih Mengutamakan Diri sendiri

Dilansir dari Forbes, Beberapa orang sukses cenderung lebih mengutamakan diri sendiri dibanding kebahagiaan orang lain. Liz Johnson, atlet Paralimpiade yang telah sukses meraih beberapa medali, mempelajari pentingnya mengutamakan diri sendiri untuk kesuksesan kariernya.

Menurut Johnson, kebanyakan orang sering berasumsi bahwa mengutamakan diri sendiri adalah tindakan yang egois, padahal hal itu perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas diri. Ketika seseorang tak mengutamakan dirinya sendiri, ia tak akan bisa mengeluarkan seluruh potensi yang dimilikinya.

Menciptakan Keseimbangan Hidup

Setiap orang tentu memiliki prioritas dan tujuannya masing-masing. Hal ini juga membuat kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Mengutamakan kebutuhan diri akan membantu seseorang dalam mencapai keseimbangan emosional dan fisik yang lebih baik.

Baca juga: Waspada Kesehatan Mental akibat Perfeksionisme Berlebihan

Ketika kebutuhan pribadi telah tercukupi, seseorang dapat memberikan bantuan yang lebih efektif kepada orang lain. Selain itu, mengutamakan diri sendiri juga dapat meningkatkan produktivitas jangka panjang.

Dengarkan informasi lengkapnya dalam siniar Obsesif episode “Hargai dan Utamakan Diri Sendiri Terlebih Dulu” hanya di Spotify. Di sana, ada pula beragam informasi menarik seputar dunia kerja untuk job seeker dan fresh graduate.

Dengarkan pula episode lainnya yang tak kalah menarik dan menginspirasi dalam siniar Obsesif di Spotify, Noice, dan juga TipTip (khusus konten LED Talk) melalui tautan berikut tiptip.co/p/ObsesifLEDTalk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com