Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Polusi Udara, 8 Makanan Nabati Ini Bantu Sehatkan Paru-paru

Kompas.com - 06/09/2023, 06:06 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masalah polusi udara di Jabodetabek masih menjadi sorotan di masyarakat hingga pemberitaan nasional.

Tak heran jika kualitas udara yang semakin memburuk itu menimbulkan kekhawatiran banyak orang terkait risiko dan dampaknya bagi kesehatan paru-paru.

Menghadapi hal itu, kita sebagai masyarakat masih bisa menjaga kesehatan paru-paru secara optimal dengan memilih makanan sehat seperti dari sumber asupan nabati yang baik bagi kesehatan paru-paru.

Baca juga: Tips Memilih Masker di Tengah Polusi Udara yang Kian Memburuk

Makanan untuk jaga kesehatan paru-paru

Makanan untuk menjaga kesehatan paru-paruUnsplash Makanan untuk menjaga kesehatan paru-paru

Makanan terbaik untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah makanan dengan kandungan antioksidan tinggi, vitamin E, vitamin C dan fitokimia lainnya.

Menurut pakar nutrisi bersertifikat yang berbasis di Amerika Serikat, Lisa Andrews, M.Ed., RD, LD, sumber makanan berbasis nabati sebagian besar mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk memiliki paru-paru yang kuat. 

"Sifat antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung pada makanan tersebut bisa mengurangi risiko penyakit paru," jelas Lisa.

Senada dengan pendapat Lisa, pakar nutrisi lain sekaligus penulis buku Eat to Beat Disease, William Li, M.D., menambahkan, pola makan yang fokus pada buah, sayuran dan kacang-kacangan dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik.

"Makanan yang menurunkan peradangan dan melebarkan pembuluh darah kita (menjaganya tetap terbuka lebar) dapat bermanfaat untuk kesehatan paru-paru," tambah William Li.

Berikut sejumlah rekomendasi makanan nabati yang direkomendasikan ahli gizi untuk menjaga kesehatan paru-paru, seperti dikutip dari laman Eating Well.

1. Kacang kenari

Kiah Connolly, M.D., seorang dokter sekaligus direktur kesehatan di Trifecta Nutrition yang berbasis di California, AS mengungkapkan, kacang kenari adalah sumber magnesium yang baik, elektrolit penting yang membantu fungsi otot-otot paru-paru.

Ditambah lagi, asam lemak omega-3 yang terdapat pada kacang kenari bertindak sebagai anti inflamasi, berpotensi mengurangi peradangan paru-paru dan meningkatkan kemampuan bernapas.

2. Bit

Jenis umbi-umbian berwarna merah pekat ini mengandung sejumlah nutrisi yang dapat membantu menurunkan peradangan, sehingga dapat mendukung kesehatan paru-paru.

Bit juga kaya akan nitrat, yang telah terbukti meningkatkan efektivitas olahraga pada penderita COPD (penyakit paru obstruktif kronis).

3. Bluberi

Ada alasan bluberi sering disebut-sebut sebagai “makanan super”. Buah berukuran kecil dengan warna biru ini menawarkan manfaat kesehatan, termasuk menjaga kesehatan paru-paru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com