Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2023, 13:43 WIB
Putri Aulia,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa orang mengabaikan eksfoliasi, padahal sebenarnya, eksfoliasi sangat penting dalam perawatan kulit.

Ada beberapa cara untuk melakukannya, seperti menggosok kulit secara manual atau menggunakan eksfoliator kimiawi (chemical peeling).

Chemical peeling adalah metode eksfoliasi yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati untuk mengungkapkan kulit yang lebih cerah dan lembut di bawahnya.

Ini melibatkan campuran eksfoliator efektif seperti asam alfa hidroksi (AHA), asam beta hidroksi (BHA), dan asam poli hidroksi (PHA), yang diracik untuk memberikan manfaat pengelupasan pada kulit.

Beberapa bahan yang paling sering digunakan dalam formulasi ini melibatkan AHA seperti asam glikolat, asam laktat, asam mandelat, dan asam sitrat.

Sementara, BHA seperti asam salisilat, serta PHA seperti glukonolakton dan asam laktobionat.

Baca juga: Begini Cara Mudah agar Wajah Glowing Tanpa Menguras Kantong

Manfaat chemical peeling

Chemical peeling memberikan banyak manfaat untuk mencapai wajah glowing.

Semua asam ini sebagian besar membantu menghilangkan lapisan terluar kulit untuk mempercepat regenerasi sel, sehingga kulit tampak lebih cerah dan bersih.

Namun, setiap jenis asam juga memiliki peran khusus yang berkontribusi pada perbaikan kulit secara keseluruhan.

Sebagai contoh, AHA (yang larut dalam air) membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan, meratakan perubahan warna kulit seperti bintik penuaan dan bekas luka, serta meningkatkan warna kulit secara keseluruhan.

Di sisi lain, BHA (larut dalam minyak) dapat menembus kulit lebih dalam untuk membersihkan pori-pori, menghaluskan tekstur kulit, mengendalikan produksi minyak berlebih, dan memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mencegah jerawat.

Sementara, PHA biasanya cenderung lebih lembut. Ini cocok untuk mereka yang memiliki kulit sensitif.

Selain kemampuannya sebagai pengelupas kulit, PHA juga berfungsi sebagai humektan, menjaga kulit tetap lembap dan merangsang produksi kolagen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com