Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pengobatan Rumahan yang Bisa Dicoba untuk Mengobati Varises

Kompas.com - 10/09/2023, 11:19 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki penyakit varises memang sangat mengganggu. Pasalnya penyakit ini terasa sakit, gatal, bengkak pendarahan, dan memunculkan ruam hingga pembengkakan.

Terkadang, penanganan medis mungkin diperlukan, terutama jika varises sangat mengganggu. Namun, dalam banyak kasus, kita dapat mencoba pengobatan di rumah untuk mengatasi gejala ini.

Baca juga: Ketahui Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Varises

Apakah pengobatan rumahan dapat membantu?

Sebenarnya, satu-satunya cara untuk menyingkirkan varises adalah dengan mengobatinya secara medis.

Biasanya dokter ahli vaskular akan menggunakan metode seperti terapi suntikan (skleroterapi), terapi laser (ablasi termal endovaskular), dan tindakan bedah (ligasi dan pengupasan) untuk menutup atau menghilangkan pembuluh darah yang terkena varises.

Namun, ternyata tak semua kasus varises memerlukan perawatan medis seperti itu.

Meski kita tak bisa menghilangkan varises sepenuhnya tanpa prosedur medis, namun ada sejumlah pengobatan rumahan yang dapat mengatasi gejalanya.

Berikut lima cara yang paling umum untuk meningkatkan sirkulasi dan mengurangi ketidaknyamanan akibat varises.

Kaus kaki kompresi

Kaus kaki kompresi membantu memperbaiki gejala seperti rasa nyeri, berdenyut, dan gatal pada varises tanpa membuat pembuluh darah melebar, terutama jika kita mengenakannya sepanjang hari.

Tipe pakaian kompresi yang kita butuhkan akan bergantung pada sejauh mana varises yang kita miliki. Namun, jika kita memilih legging kompresi, ahli vaskular, dr. Boyle merekomendasikan untuk memeriksa apakah ada tanda-tanda pembengkakan pada kaki.

Penting untuk diingat bahwa manfaat kompresi hanya dirasakan dengan kaus kaki kompresi kelas medis yang sesuai. Jika ragu, lebih baik berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Baca juga: Mengatasi Varises dan Tiroid Bengkak Kini Tak Perlu Operasi Terbuka

Diet

Jika ingin meningkatkan kesehatan pembuluh darah, memulai dengan merubah pola makan adalah langkah yang baik.

Pasalnya saat terkena varises kita perlu mengonsumsi makanan yang kaya serat, kalium, dan flavonoid. Selain itu, ada beberapa tanaman herbal yang dapat membantu meredakan gejala.

Sebagaimana pada rencana makanan secara umum, yang penting adalah mencoba memenuhi kebutuhan nutrisi melalui makanan alami, bukan hanya mengandalkan suplemen.

Flavonoid adalah senyawa alami yang memberikan warna pada banyak jenis makanan.

Berdasarkan penelitian, flavonoid memiliki berbagai manfaat kesehatan, dan salah satu manfaat yang paling menjanjikan adalah kemampuannya dalam menurunkan tekanan darah yang dapat bermanfaat bagi mereka yang menderita varises.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com