Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenty x Puma Kembali dengan Desain Baru "The Avanti" yang Ikonik

Kompas.com - 13/09/2023, 19:58 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rihanna melalui merek kosmetik besutannya, Fenty, kembali menjalin kerjasama dengan perusahaan olahraga asal Jerman, Puma.

Dengan sang penyanyi yang menjabat sebagai direktur kreatif resmi Fenty x Puma, merek ini telah meluncurkan sepatu ikonik "The Avanti" dengan desain baru yang lebih segar.

Menariknya, kolaborasi ini merupakan perpaduan unik dua ikon Puma yang memadukan desain sepatu sepak bola, Puma King, dengan outsole sepatu lari legendaris, Easy Rider.

Sebelumnya, Rihanna dan Puma telah memiliki sejarah dalam meluncurkan fesyen yang disruptif dengan gaya olahraga dalam kolaborasi mereka.

Kolaborasi keduanya dimulai pada tahun 2015 lalu dengan sepatu Creeper yang ikonik.

Setelah itu, Rihanna dan Puma meluncurkan beberapa koleksi sepatu dan pakaian selama periode 2015 hingga 2018 yang juga ditampilkan dalam peragaan busana di New York dan Paris, termasuk Fenty x Puma trainer, Fenty x Puma fur slide, serta masih banyak lagi.

Kecintaan Rihanna pada sepak bola

Koleksi Fenty x Puma tidak lepas dari pengaruh kecintaan Riri — begitu sapaan Rihanna — pada sepak bola.

Pendekatannya terhadap gaya klasik ini membuka jalan bagi era baru kolaborasi fesyen olahraga dengan Puma.

Berdasarkan sejarahnya, pada tahun 1968, sepatu sepak bola Puma King dirilis untuk pertama kalinya, kemudian dipakai oleh bintang sepak bola, termasuk Eusebio, Pelé, dan Maradona.

Lalu, pada tahun 1978, Puma merilis sepatu jogging yang akhirnya berevolusi menjadi Puma Easy Rider.

Dan pada tahun 1998, Jil Sander dengan Puma meluncurkan kolaborasi fesyen pertama yang menggabungkan dua gaya ini dengan Jil Sander King.

Sepatu tersebut menjadi inspirasi desain Avanti yang kemudian diluncurkan oleh Puma pada tahun 2001.

Sekarang pada tahun 2023, Rihanna telah menambahkan aspek desain dan elemen kreatifnya, mulai dari detail kulit hingga sol karet, memberikan sentuhan pribadinya pada sepatu klasik ini.

Tampilan Fenty x Puma Avanti yang hadir dalam dua jenis warna.Puma Tampilan Fenty x Puma Avanti yang hadir dalam dua jenis warna.
"Saya ingin membawa sesuatu yang ikonik dari arsip ke masa kini, dan sang legenda, Pelé, menjadikan sepatu Avanti begitu ikonik," demikian penuturan Rihanna, seperti dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (13/9/2023).

Selain itu, penting bagi Rihanna dan Puma menghadirkan koleksi yang bisa digunakan dan terlihat keren, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com