Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pebalap F1 Terkaya 2023, yang Masih Aktif ataupun Sudah Pensiun

Kompas.com - 19/09/2023, 12:51 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kita semua tahu bahwa pebalap Formula 1 (F1) menjalani kehidupan yang menantang, di mana sensasi kecepatan dan risiko kesalahan fatal berjalan beriringan.

Mereka yang berhasil melaju paling cepat, juga akan lebih dulu mendapatkan kekayaan dan ketenaran. Namun satu kesalahan perhitungan seperti kesalahan perpindahan gigi atau rem yang tidak tepat waktu, bisa berakibat fatal. Begitulah risiko yang ditanggung oleh para pengemudi ini dari minggu ke minggu.

Dengan tantangan tersebut, mereka yang berhasil melewatinya dengan mulus akan mendapatkan ganjaran yang tidak main-main jumlahnya.

Formula 1 tidak diragukan lagi adalah olahraga motor paling terkenal dengan banyak penggemar. Aksi F1 berlangsung sepanjang tahun dan lintas benua, sehingga memudahkan para penggemar dari berbagai penjuru dunia untuk menyaksikan tontonan di depan mata.

Dengan pendapatan besar dari penjualan tiket, sponsorship, dan perhatian media yang luas, F1 jelas merupakan salah satu olahraga yang paling menghasilkan uang di dunia.

Meskipun begitu, para pemenang tidak mendapatkan hadiah uang secara langsung. Sebaliknya, tim masing-masinglah yang mendapatkan hadiah tersebut yang nantinya akan memberi gaji serta insentif pada para pebalap.

Terlepas dari sistem unik ini, pebalap F1 mengumpulkan kekayaan yang signifikan, tidak hanya dari balapan tetapi juga melalui tawaran iklan dan investasi, sehingga harta mereka terus mengalir.

Pada tahun 2023, pebalap aktif seperti Max Verstappen dan Lewis Hamilton serta nama-nama besar yang sudah pensiun terus mendominasi daftar atlet terkaya di dunia, cermin penghargaan besar atas dedikasi mereka terhadap olahraga motor ikonik ini.

Baca juga: 10 Bintang Sepak Bola Terkaya di Dunia, Siapa Posisi Pertama?

Lalu, siapa saja pebalap terkaya di tahun 2023 ini? Mari simak daftar berikut.

Pebalap Formula 1 (F1) terkaya tahun 2023

Michael Schumacher

Michael Schumacer mencium mobil F1 Scuderia Ferrari kesayangannya usai kalah dari Fernando Alonso memperebutkan gelar juara di Brazil 2006, seri terakhirnya buat Suderia. BBC Sport Michael Schumacer mencium mobil F1 Scuderia Ferrari kesayangannya usai kalah dari Fernando Alonso memperebutkan gelar juara di Brazil 2006, seri terakhirnya buat Suderia.
Kekayaan bersih pada tahun 2023: Rp 9,2 triliun

Pria Jerman yang dianggap sebagai salah satu pebalap terhebat dalam sejarah F1 ini masih memegang rekor gelar juara dunia terbanyak (bersama Lewis Hamilton).

Saat pensiun pada tahun 2012 ia memegang rekor kemenangan terbanyak (91 balapan), pole position terbanyak (68 balapan) dan podium terbanyak (155 balapan), yang semuanya kemudian dipecahkan oleh Lewis Hamilton. Namun, Michael Schumacher masih mempertahankan rekor lap tercepat dalam karirnya (77).

Sepanjang karirnya, Schumacher membalap untuk empat tim berbeda, yakni Jordan, Benetton, Ferrari, dan Mercedes. Selain F1, Schumacher juga berpartisipasi dalam balapan Le Mans 24 Jam pada tahun 1991 bersama Tim Sauber Mercedes, di mana ia finis urutan ke-lima.

Pada bulan Desember 2013, Michael Schumacher menderita cedera otak yang hampir fatal dalam kecelakaan ski. Dia ditempatkan dalam keadaan koma yang diinduksi secara medis hingga Juni 2014, setelah itu dia dipindahkan ke rumah sakit lain untuk rehabilitasi lebih lanjut sebelum akhirnya diizinkan oleh dokter untuk kembali ke rumah.

Berdasarkan laporan Celebrity Net Worth, pada tahun 2023 Michael Schumacher memiliki kekayaan bersih sekitar Rp 9,2 triliun, menjadikannya pebalap F1 terkaya di dunia.

Namanya masuk dalam FIA Hall of Fame pada tahun 2017 dan pada tahun 2020 dia dianugerahi FIA President Award sebagai pengakuan atas pencapaiannya yang luar biasa.

Lewis Hamilton

Pebalap Mercedes AMG, Lewis HamiltonTangkapan layar twitter MercedesAMGF1 Pebalap Mercedes AMG, Lewis Hamilton

Kekayaan bersih pada tahun 2023: Rp 4,3 triliun

Lewis Hamilton, sosok legendaris di dunia motorsport, berbagi rekor gelar juara dunia terbanyak dengan Michael Schumacher; keduanya sama-sama meraih tujuh kemenangan.

Kontribusinya melampaui arena balap karena dia dihormati sebagai duta F1 era modern yang dikenal karena aktivitas lingkungan dan sosialnya. Meskipun berada di usia senja karir balapnya yaitu 38 tahun, Hamilton tetap menjadi salah satu pebalap Formula 1 terkaya pada tahun 2023 dengan kekayaan bersih yang dilaporkan sekitar 285 juta dollar AS atau sekitar Rp 4,3 triliun.

Dia juga diakui secara global menduduki peringkat ke-21 dalam daftar atlet dengan bayaran tertinggi di dunia versi Forbes untuk tahun 2023, daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time pada tahun 2020, dan menerima gelar ksatria (knight) pada tahun 2021 dari Raja Charles.

Baca juga: Lihat, Padu Padan Fashion Paddock yang Berani ala Lewis Hamilton

Fernando Alonso

Pebalap McLaren, Fernando Alonso, memberi tanda tangan kepada penggemar jelang GP Kanada di Sirkuit Gilles Villeneuve, 7 Juni 2018.  AFP/MARK THOMPSON Pebalap McLaren, Fernando Alonso, memberi tanda tangan kepada penggemar jelang GP Kanada di Sirkuit Gilles Villeneuve, 7 Juni 2018.

Kekayaan bersih pada tahun 2023: Rp 3,9 triliun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com