Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Kaki Kurang dari 4.000 Langkah Sehari Pun Bikin Panjang Umur

Kompas.com - 20/09/2023, 16:48 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Berjalan kaki adalah bentuk olahraga yang paling mudah dan murah untuk dilakukan dan mampu meningkatkan kesehatan tubuh.

Bahkan, kita tidak perlu berjalan hingga 10.000 langkah per hari untuk bisa mendapatkan manfaatnya.

Sebab, menurut sebuah riset terbaru yang dilakukan oleh European Society of Cardiology (ESC), berjalan kaki lebih sedikit- hanya kurang dari 4.000 langkah setiap hari sudah cukup membantu membuat perubahan signifikan pada kesehatan.

Temuan studi yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology tersebut juga bisa memotivasi orang-orang untuk mulai bergerak dari langkah yang lebih kecil, namun dengan tujuan besar.

Baca juga: 8 Tips Berjalan Kaki dengan Nyaman Saat Cuaca Panas

Seorang terapis okupasi, pelatih hiking, dan pendiri Great Minds Think Hike, Adrian Todd mengatakan, penelitian ini menjadi pengingat penting jika sesuatu selalu lebih baik dilakukan daripada tidak sama sekali.

Artinya, dengan menggerakkan tubuh, entah itu berjalan kaki selama 10 menit, peregangan, atau angkat beban, semuanya selalu lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa.

Mengurangi risiko kematian

Untuk memahami manfaat berjalan kaki secara teratur, ESC melakukan meta-analisis terhadap 17 penelitian berbeda yang mencakup data dari 226.889 subjek penelitian dari seluruh dunia.

Tim peneliti menyimpulkan, semakin banyak orang berjalan kaki, semakin kecil risiko kematian karena semua penyebab, khususnya masalah kardiovaskular.

Untuk setiap 1.000 langkah tambahan yang dilakukan para responden setiap hari, mereka mengalami penurunan risiko kematian sebesar 15 persen dari penyebab apa pun.

Untuk setiap 500 langkah tambahan yang mereka lakukan, mereka mengalami penurunan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular sebesar tujuh persen.

Sementara itu, menurut pelatih pribadi di Garage Gym Pro, Andrew White, CPT, ada banyak alasan mengapa berjalan kaki dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

"Berjalan kaki melibatkan banyak kelompok otot, dari kaki hingga inti tubuh, tanpa memberikan tekanan yang berlebihan pada persendian," kata White.

White menambahkan, saat kita berjalan, jantung memompa lebih cepat, yang meningkatkan sirkulasi darah dan menyediakan lebih banyak oksigen maupun nutrisi ke sel-sel.

"Sirkulasi yang meningkat ini membantu menjaga kesehatan jantung," ujar dia.

"Berjalan kaki secara teratur juga membantu mengatur kadar gula darah dan dapat berperan penting dalam manajemen berat badan."

"Ini secara tidak langsung mengurangi risiko berbagai penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup."

"Selain itu, jalan kaki adalah latihan menahan beban, yang dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis," sebut dia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com