Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Berjalan Kaki dengan Nyaman Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 19/07/2023, 19:38 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cuaca panas memang bisa membuat kita malas untuk berolahraga atau melakukan aktivitas fisik di luar ruangan. Cuaca panas bisa meningkatkan suhu tubuh yang menyebabkan kita lebih cepat berkeringat.

Selain itu, kita juga cenderung lebih gampang capek saat berolahraga di cuaca panas

Ahli fisiologi olahraga klinis bersertifikasi Heather Milton, CSCS, mengatakan, tanda-tanda kelelahan akibat cuaca panas yang perlu diwaspadai antara lain, kelelahan yang berlebihan, pingsan, dan merasa tidak sanggup berolahraga lagi.

"Berolahraga pada suhu yang lebih tinggi dari 33 derajat celsius dapat meningkatkan risiko kelelahan akibat panas," terangnya .

Baca juga: 9 Tips Menghadapi Cuaca Panas Ekstrem

"Ini terjadi ketika tubuh tidak dapat mempertahankan aliran darah yang tepat ke seluruh organ dan kulit untuk termo-regulasi pada waktu yang bersamaan," jelas dia.

Untuk penderita diabetes yang ingin menurunkan gula darah tinggi, lakukan olahraga yang tak terlalu memforsir tubuh.Unsplash/Tomasz Wozniak Untuk penderita diabetes yang ingin menurunkan gula darah tinggi, lakukan olahraga yang tak terlalu memforsir tubuh.

Tips berjalan kaki dengan nyaman saat cuaca panas
Meskipun berolahraga di tengah cuaca panas membuat kita khawatir, namun kita masih bisa melakukan aktivitas luar ruangan yang bermanfaat seperti berjalan kaki, selama kita memiliki persiapan dan pendekatan yang tepat.

Salah satu persiapannya adalah dengan mengonsumsi minuman dingin tanpa kafein.

Berjalan kaki juga memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh, mulai dari meningkatkan aliran darah ke otak dan kebugaran kardiorespirasi yang lebih baik, membuat kesehatan mental kita menjadi lebih baik.

Maka dari itu, untuk tetap bisa menjaga 10.000 langkah harian, Lee Scott, seorang pelatih dan pendiri WoW Power Walking yang berbasis di Toronto, Kanada, membagikan tips agar kita tetap dapat berolahraga jalan kaki secara aman.

Baca juga: Berjalan Kaki, Berapa Langkah yang Ideal Setiap Harinya?

1. Pilih waktu di pagi hari atau sore hari

Tidak hanya lebih sejuk, kualitas udara biasanya lebih baik di pagi hari. Jika kita tidak dapat berjalan kaki di pagi hari, berjalan kaki di malam hari saat suhu udara lebih rendah juga bisa menjadi pilihan.

2. Pilihlah jalan atau jalur yang dilalui dengan bijak
Ini mungkin terdengar seperti hal yang biasa, tetapi benar-benar dapat membuat perbedaan.

Berjalanlah di jalan setapak yang memiliki area yang teduh seperti hutan kota atau taman.

Jika kita berada di kota, berjalanlah di sepanjang jalan yang dipenuhi pepohonan atau di antara gedung-gedung tinggi yang menawarkan keteduhan dari sinar matahari.

Salah satu strategi cerdas adalah pergi ke area yang memiliki pertokoan ber-AC selama beberapa menit jika perlu.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com